Unilever Bukukan Penjualan Naik 5,7 %

JAKARTA. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) membukukan peningkatan penjualan sebesar 5,7 % menjadi Rp36,5 triliun untuk tahun buku 2015 dari Rp34,51 triliun pada tahun sebelumnya.

“Pertumbuhan penjualan perseroan yang tercatat ‘single digit’ di 2015 dipengaruhi oleh kondisi makroekonomi Indonesia yang masih belum kondusif,” kata Direktur Governance and Corporate Affairs UNVR Sancoyo Antarikso, Kamis (31/3).

Ia mengemukakan bahwa pertumbuhan produk domestik bruto Indonesia pada tahun 2015 sebesar 4,8 % atau lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya menyebabkan turunnya konsumsi masyarakat selama 2015.

“Namun, perseroan tetap berhasil membukukan pertumbuhan penjualan dalam negeri sebesar 6,6 % pada tahun 2015,” katanya.

Ia menambahkan bahwa di tengah situasi perseroan masih mencatatkan laba bersih sebesar Rp5,85 triliun. Perseroan pun berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di hampir semua kategori.

Selama 2015, Sancoyo Antarikso menjelaskan pihaknya tetap meneguhkan fokus pada eksekusi dan efisiensi di seluruh lini operasi, yang membuahkan peningkatan gross margin dan pertumbuhan laba bersih.

Ia menambahkan bahwa tantangan ekonomi sepanjang 2015 juga tidak menyurutkan komitmen perseroan untuk tetap menggiatkan investasi di sepanjang rantai nilai guna mempertahankan posisi unggul perseroan.

“Salah satu inisiatif utama yang dieksekusi pada 2015 adalah pembukaan pabrik bumbu masak yang baru di Cikarang, yang diresmikan oleh Menteri Perindustrian pada Agustus 2015,” paparnya.

Sumber: http://investasi.kontan.co.id/news/unilever-bukukan-penjualan-naik-57

Posted on April 1, 2016, in Berita, Emiten. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: