Layanan Data Bikin Kinerja ISAT Jadi Melesat

JAKARTA. Fokus pada layanan data, menyebabkan PT Indosat Tbk (ISAT) dapat sedikit tersenyum. Mengingat kontribusi semen data yang tumbuh 57% di kuartal IV-2015, membawa pendapatan perusahaan naik 11% ketimbang kuartal IV-2014.

Alhasil, rugi bersih ISAT 2015 dapat ditekan menjadi Rp 1,31 triliun, dari sebelumnya sebesar Rp 2 triliun.

Milka Mutiara, Analis Philip Securities, mengatakan, kontribusi layanan data ISAT meningkat. Jika tahun 2014 kontribusi terhadap pendapatan bersih hanya 19%, tahun lalu melesat menjadi 26%.

Oleh karena itu, fokus ISAT menggarap sektor layanan data 4G bakal berdampak positif terhadap kinerja.

Tapi perlu digarisbawahi, ISAT harus bisa menyesuaikan perkembangan teknologi agar bisnis layanan datanya dapat berkontribusi positif. Selain itu beban operasional perlu dipangkas.

“Kemarin baru bikin BTS 2G/3G dan sekarang harus ke 3G/4G, jadi investasinya sudah besar dan belum balik modal, sudah keluar biaya lagi buat update teknologi,” lanjutnya.

Tahun ini, prospek ISAT cenderung flat akibat dampak rugi kurs. Maklum, perusahaan masih memiliki utang berdenominasi dollar AS yang cukup besar. Selain itu, perbaikan di bottom line tahun lalu juga lebih disebabkan tidak ada biaya provisi legal yang diderita ISAT pada tahun 2014.

Sumber: http://investasi.kontan.co.id/news/layanan-data-bikin-kinerja-isat-jadi-melesat

Posted on March 29, 2016, in Berita, Emiten. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: