Hindari Kerugian, MDKA Lakukan Hedging

JAKARTA. Usai mendapat fasilitas pinjaman senilai US$ 130 juta, PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) mengikat diri dalam fasilitas lindung nilai alias hedging komoditas. Fasilitas lindung nilai ini didapatkan MDKA melalui anak usahanya, PT Bumi Suksesindo (BSI).

Sekretaris Perusahaan MDKA Ellie Turjandi mengatakan, BSI meneken perjanjian lindung nilai komoditas itu dengan para kreditur yakni Societe Generale Asia Limited, BNP Paribas, dan The Hongkong and Shanghai Banking Corporation.

Ketiga pihak kreditur itu memberi kredit sindikasi kepada BSI sebesar US$ 130 juta dengan rincian, sebesar US$ 110 juta untuk mendanai proyek mineral emas dan perak di wilayah Tujuh Bukit, Banyuwangi, Jawa Timur. Lalu sebesar US$ 10 juta untuk pembayaran pajak pertambahan nilai, dan US$ 10 juta untuk mendanai 50% dari setiap biaya yang melebihi budget awal proyek perseroan.

Nah, pihak kreditur mewajibkan BSI untuk mengikatkan diri dalam perjanjian lindung nilai jual emas dan perak ke masing-masing kreditur, dengan nilai yang sama dengan plafon pinjaman. Hal ini bisa digunakan untuk mengurangi kemungkinan kerugian karena perubahan harga komoditas terutama komoditas emas dan perak yang berkaitan erat dengan usaha utama BSI.

“BSI dan kreditur menetapkan jangka waktu yang sama untuk fasilitas lindung nilai komoditas yang akan jatuh tempo ada 31 Maret 2020,” ujarnya dalam keterbukaan informasi, Jumat (18/3).

Dalam fasilitas lindung nilai itu, BSI dan kreditur sepakat menetapkan biaya premi untuk melindungi atau menjamin kerugian BSI apabila terjadi perubahan harga komoditas. Premi yang disetujui sebesar 1,6% per tahun dengan acuan wholesale forward curve level yang besarannya bakal diberikan masing-masing pihak afiliasi dari tiga kreditur tersebut. MDKA yakin, fasilitas lindung nilai komoditas ini bakal memberi dampak stabilitas bagi kondisi keuangan perseroan.

Sumber: http://investasi.kontan.co.id/news/hindari-kerugian-mdka-lakukan-hedging

Posted on March 21, 2016, in Berita, Emiten. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: