Jual Menara, XL Axiata Klaim Bisa Untung Tahun Ini

JAKARTA. Fundamental keuangan PT XL Axiata Tbk (XL) diprediksi akan sehat pasca monetisasi sekitar 2.000 hingga 2.500 menara di semester pertama 2016.

“Tujuan monetisasi menara ini untuk mengurangi utang. Kalau sukses tentunya fundamental dari XL makin sehat,” ungkap Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/3).

Dijelaskannya, perseroan pada tahun ini ingin menekan jumlah utang hingga sebesar Rp 13,29 triliun. Utang tersebut terdiri atas utang jatuh tempo senilai Rp 3,93 triliun dan percepatan pelunasan utang yang mencapai Rp 10,8 triliun. Rencananya, seluruh utang jatuh tempo tahun ini akan dibayar dengan kas internal.

“Sumber dana untuk percepatan pelunasan utang berasal dari rights issue dan penjualan menara. Ini aksi korporasi masing-masing independen dan tengah berjalan,” jelasnya.

Ditambahkannya, jika semua berjalan mulus dan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berjalan stabil, bisa jadi pada tahun ini XL mencicipi keuntungan. “Kita sudah lakukan hedging. Kalau semua normal, kita untung tahun ini,” katanya.

Sumber: http://investasi.kontan.co.id/news/jual-menara-xl-axiata-klaim-bisa-untung-tahun-ini

Posted on March 18, 2016, in Berita, Emiten. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: