OJK Targetkan Satu Juta Agen Laku Pandai

Otoritas Jasa Keuangan menargetkan dapat mendorong industri keuangan untuk memperbanyak agen “Laku Pandai” menjadi satu juta entitas pada 2017 dari jumlah saat ini sebanyak 300 ribu entitas.

Hal tersebut perlu dilakukan karena “Laku Pandai” menjadi instrumen untuk memperluas pembiayaan sektor mikro, serta dapat meningkatkan akses layanan keuangan bagi masyarakat di berbagai daerah, kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad dalam konferensi pers peluncuran “Pusat Pengembangan Keuangan Mikro dan Inklusi Keuangan Indonesia (OJK-Proksi)” di Jakarta, Selasa.

“Jika ini dijalankan terus dampaknya akan luar biasa,” kata dia.

Laku Pandai merupakan akronim dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif yang sudah dijalankan OJK dan industri keuangan sejak 2015.

Menurut Muliaman, OJK-Proksi akan mengakomodir sarana dan prasarana untuk pengembangan kredit dan ekonomi mikro. Salah satu upaya pengembangan itu adalah dengan peningkatan daya jangkau “Laku Pandai”.

OJK akan mendorong perbankan untuk menambah agen di daerah. Bahkan, dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Muliaman juga mengusulkan kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk mendorong BUM-Des agar ikut berfungsi sebagai agen “Laku Pandai”.

Namun, Muliaman menilai, selain penambahan jumlah agen “Laku Pandai’, kualitas agen juga harus menjadi perhatian lembaga keuangan. Pembinaan kapasitas agen, ujarnya, adalah hal fundamental dan bersifat jangka panjang yang perlu menjadi prioritas.

“Pembinaan harus lebih baik karena agen merepresentasikan bank,” ujar dia. (end)

Sumber: http://www.iqplus.info/news/market_news/ekom-ojk-targetkan-satu-juta-agen-laku-pandai,75072018.html

Posted on March 16, 2016, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: