Right Issue BSIM Rp 400 per Saham

Jakarta. PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM) menetapkan harga penawaran saham terbatas dengan Hak memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau right issue Rp 400 per lembar saham.

Berdasarkan prospektus ringkas BSIM yang diterbitkan, Senin (14/3), BSIM akan menerbitkan hingga sebanyak 1,09 miliar saham baru dengan nominal Rp 100. Penerbitan saham baru itu setara 7,8% dari modal disetor. Dengan penetapan harga tersebut maka, emiten perbankan grup Sinarmas ini berpotensi mengantongi dana sebesar Rp 439,7 miliar.

Rights issue disertai dengan penerbitan waran seri III yang jumlahnya sebesar 31,08% dari jumlah saham yang ditempatkan perseroan atau sebanyak 4,9 miliar saham.

BSIM mematok harga Waran seri III sebesar Rp 625 per saham sehingga berpeluang meraup dana sebesar Rp 2,74 triliun. Masa berlaku Waran III mulai 28 November 2016 sampai 12 Mei 2021 dimana setiap satu Waran III berhak atas satu saham biasa atas nama.

Pemegang waran seri III tidak mempunyai hak sebagai pemegang saham termasuk hak atas dividen selama waran tersebut belum dilaksanakan jadi saham.

PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) sebagai pengendali utama saham BSIM akan melaksanakan haknya dalam right issue tersebut. SMMA juga akan menjadi pembeli siaga jika pemilik saham lainnya tidak melaksanakan haknya. Saat ini sebesar 52,47% saham BSIM digengam oleh SMMA, 2,54% dimiliki PT Shinta Utama dan 44,02% diapit publik.

Sekitar 88,27% hasil right issue untuk memenuhi kekuarangan alokasi modal inti atas jaringan kantor yang sudah ada. Sisanya untuk modal kerja antara lain ditempatkan pada intrumen keuangan likuid seperti SBI atau surat berharga lainnya.

Sementara seluruh dana hasil penerbitan warran seri III untuk memperkuat modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) BSIM.

Pelaksanaan right issue telah disetujui Rapat Umum Pemegang saham Luar Biasa (RUPSLB) BSIM pada 29 Februari lalu. BSIM telah mendapat persetujuan untuk meningkatkan modal dasarnya menjadi Rp 6 triliun.

Right issue diperkirakan akan efektif pada 27 april 2016, perdagangan terakhir saham dengan HMETD di pasar reguler dan negosiasi akan dilakukan pad 14 Mei dan di pasar tunai 11 Mei 2016. Sedangkan tanggal dimulai perdagangan saham tanpa HMETD di pasar reguler dan negosiasi pada 9 Mei dan di pasar tunai pada 12 Mei.

Sumber: http://investasi.kontan.co.id/news/right-issue-bsim-rp-400-per-saham

Posted on March 15, 2016, in Berita, Emiten. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: