Menakar Prospek Saham Pelat Merah

JAKARTA. Sejumlah emiten pelat merah telah mengumumkan hasil kinerja sepanjang tahun lalu. Hasilnya ada yang melampaui ekspektasi dan ada pula yang justru di bawah harapan.

“Dari sembilan emiten pelat merah, tujuh di antaranya melebihi ekspektasi,” ungkap Taye Shim, Head of Research KDB Daewoo Securities kepada KONTAN, akhir pekan ini.

Tujuh emiten itu adalah, Bank Negara Indonesia (BBNI), Bank Rakyat Indonesia (BBRI), Bukit Asam (PTBA), Semen Indonesia (SMGR), dan Waskita Karya (WSKT). Adapun dua emiten BUMN yang mencatatkan kinerja di bawah ekspektasi adalah Adhi Karya (ADHI) dan Jasa Marga Tbk (JSMR).

Taye menilai, kunci pencapaian adalah siklus makro perekonomian Indonesia yang justru melebihi ekspektasi. Kondisi makro ekonomi di sepanjang kuartal keempat tahun lalu ditengarai paling mendongkrak.

Hal inilah yang mendorong sentimen positif bagi para emiten BUMN, khususnya perbankan pelat merah. “Belum berhenti sampai di situ, kondisi ini membuat kepercayaan investor mulai kembali meningkat,” tambah Taye.

Nah, dari semua sektor yang para BUMN itu geluti, dia melirik sektor perbankan. Ada beberapa hal yang menjadi alasan. Pertama, membaiknya ekonomi hampir pasti diiringi meningkatnya permintaan konsumsi.

Dari sisi ini, bank sudah bisa menikmati efek positifnya. Kredit mereka, apa pun bentuknya baik itu konsumsi maupun produksi, akan meningkat. Kedua, kebijakan pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur juga memberikan dampak positif. Tidak secara langsung, tapi dampaknya bisa dirasakan secara signifikan.

Kebijakan tersebut membuat sektor konstruksi BUMN semakin berprospek menarik karena banyak proyek yang bakal digarap. Lantaran proyek semakin bertumpuk, emiten konstruksi tentunya membutuhkan pinjaman untuk mendanai proyeknya.

Selain melalui pasar modal, darimana lagi emiten mengeduk pendanaan jika bukan dari bank. “Jadi, kami menyarankan , memperhatikan saham bank pelat merah yang berorientasi kredit korporasi, seperti BMRI dan BBNI,” ujar Taye.

 

Sumber: http://investasi.kontan.co.id/news/menakar-prospek-saham-pelat-merah

Posted on March 7, 2016, in Berita, Emiten. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: