INAF Melanjutkan Private Placement Anak Usaha

JAKARTA. PT Indofarma Tbk (INAF) melanjutkan rencana menjual sebagian saham anak usahanya, PT Indofarma Global Medika. Ini adalah anak usaha INAF yang bergerak di bidang trading distribution, dan menjadi pintu utama distribusi produk INAF.

“Kami melanjutkan kembali rencana ini. Namun mencari investor untuk melepas perusahaan yang kinerjanya biasa saja memang tidak mudah,” ungkap Yasser Arafat,

Sekretaris Perusahaan INAF kepada KONTAN, belum lama ini. Seperti diketahui, INAF berniat melakukan private placement atas saham Global Medika demi mengurangi utang kredit modal kerja ke Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, dan Bank Maybank Indonesia.

Nilai kredit tersebut mencapai Rp 500 miliar. Hingga saat ini, INAF masih menggenggam 99,99% saham IGM. INAF berniat menjual 20% saham IGM dengan target perolehan dana Rp 200 miliar.

Jika private placement ini terwujud, INAF masih tetap menjadi pemegang saham mayoritas. Sebelumnya, INAF sudah mencoba menjual Global Medika. Tahapanpra due diligence sudah dilakukan. Namun, kala itu kinerja si anak kurang memuaskan, sehingga calon investor mundur.

Tapi, belakangan ini performa Global Medika kembali membaik. Ini memicu INAF kembali memasarkan Global Medika. Manajemen menargetkan, private placement bisa dilakukan sebelum semester pertama tahun ini berakhir.

Yasser menambahkan, sejauh ini private placement masih menjadi cara paling mungkin. “Dengan IPO misalnya, itu enggak bisa, karena terbentur peraturanchain listing,” tambah dia.

Chain listing merupakan aturan pasar modal, yang salah satunya mengatur pencatatan antara induk dan anak usaha. Salah satu poin peraturan tersebut adalah, listing saham tidak boleh dilakukan, jika anak usaha tersebut memiliki kontribusi pendapatan signifikan terhadap induk untuk beberapa jangka waktu tertentu.

Jika tetap listing, salah satu entitas harus delisting. Ada pula poin yang tidak membolehkan adanya pencatatan saham jika induk dan anak usaha memiliki kemiripan bisnis, yang berpotensi menimbulkan persaingan dalam grup.

Sumber: http://investasi.kontan.co.id/news/inaf-melanjutkan-private-placement-anak-usaha

Posted on March 7, 2016, in Berita, Emiten. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: