Butuh Modal Kerja, CITA Gaet Kredit US$ 35 Juta

JAKARTA. PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) mendapatkan fasilitas kredit sebesar US$ 35 juta atau sekitar Rp 483 miliar. Fasilitas dengan tenor dua tahun itu berasal dari Oversea-Chinese Banking Corporation (OCBC) Limited.

Direktur CITA Yusak Lumba Pardede mengatakan, perusahaan akan menggunakan pinjaman tersebut sebagai modal kerja. “Tingkat bunga sebesar 2,8% per tahun,” ujarnya, Jumat (4/3).

Asal tahu saja, sebelumnya pada bulan Oktober 2015 lalu, CITA mendapatkan pinjaman dari Bank OCBC NISP. Jumlahnya US$ 10 juta. Emiten yang bergerak di bidang pertambangan bauksit ini tengah melakukan pembangunan smelter grade alumina.

Hingga Januari lalu, progress pembangunan smelter grade alumina mencapai 88,71% dan ditargetkan rampung tahun ini. Pembangunan pabrik pengolahan dengan metallurgical grade bauxite dan pemurnian mineral ini akan memiliki kapasitas awal 1 juta metrik ton (MT) di tahun 2016.

Dan pada tahun 2018 kapasitas akan ditingkatkan menjadi 2 juta MT per tahun. Selain membangun smelter, perusahaan tengah melengkapi pabrik tersebut dengan infrastruktur dasar, berupa pembangkit listrik dan pelabuhan.

Proses pembangunan smelter grade alumina dimulai sejak tahun 2013. CITA mengucurkan biaya US$ 2,28 miliar atau setara Rp 29,64 triliun untuk pembangunan smelter.

Perinciannya, 76,82% untuk membangun alumina refinery, 13,35% membangun pembangkit listrik dan sisanya 8,03% untuk membangun pelabuhan. Lantaran pembangunan smelter tersebut belum rampung, di tahun lalu CITA masih membukukan kerugian.

Sepanjang kuartal III 2015 lalu, perusahaan menderita kerugian sebesar Rp 446,29 miliar.

Sumber: http://investasi.kontan.co.id/news/butuh-modal-kerja-cita-gaet-kredit-us-35-juta

Posted on March 7, 2016, in Berita, Emiten. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: