Buyback Angkat Harga Saham Tambang

JAKARTA. Beberapa emiten tambang yang harga sahamnya masih melorot mulai melakukan strategi pembelian kembali saham di pasar alias buyback saham. PT Indo Tambangraya Tbk (ITMG) dan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) akan buyback sahamnya dalam jangka waktu tiga bulan ke depan.

ITMG telah menyiapkan dana hingga Rp 1,36 triliun untuk mengeksekusi aksi korporasi ini. Dana tadi akan digunakan untuk membeli maksimal 112,99 juta saham perseroan, atau 10% dari total modal dan disetor penuh.

Pongsak Thongampai, Direktur Utama ITMG, mengatakan, buyback saham ini dilakukan karena harga saham ITMG terus mengalami penurunan akibat perlambatan industri komoditas, terutama batubara. Per 24 Februari 2016, saham ITMG dilego di harga Rp 5.500 per saham. Padahal pada awal Januari 2015, harga saham ITMG mencapai Rp 15.900 per saham.

ITMG pun masih memiliki dana kas yang besar, sehingga perseroan ini akan mengembalikan kelebihan arus kas bebas kepada para pemegang sahamnya melalui buyback. “Harga saham perseroan sudah jauh di bawah harga yang diyakini perseroan sebagai harga pasar wajar,” ujar Thongampai, Jumat (26/2).

Pembelian kembali saham ini akan dilakukan di harga yang lebih rendah atau sama dengan harga yang terjadi sebelumnya. Perseroan memperkirakan, setelah buyback, tingkat pengembalian aset (RoA) akan meningkat dari 5,36% menjadi 5,86%. Selain itu, tingkat pengembalian ekuitas (RoE) akan naik dari 7,56% menjadi 8,6%.

Transaksi ini akan mulai dilakukan secara bertahap mulai 26 Februari hingga 25 Mei 2016 mendatang. Perseroan  ini sudah menunjuk Danareksa Sekuritas untuk melakukan buyback saham ITMG.

MEDC juga kembali memperpanjang buyback saham. Perusahaan minyak ini paling banyak akan membeli kembali 10% dari jumlah saham disetor. MEDC mencanangkan dana hingga US$ 50 juta untuk aksi korporasi ini. Pembelian kembali saham perseoan berlangsung mulai 17 Februari hingga 27 Mei 2016.

Dengan buyback, MEDC berharap laba bersih per sahamnya bakal meningkat dari US$ 0,00186 menjadi US$ 0,00206.  Lalu ROA perseroan diperkirakan meningkat dari 0,23% menjadi 0,24% setelah transaksi. Sementara ROE akan naik dari 0,68% menjadi 0,72%. Nantinya, saham

Rencana buyback kedua emiten ini membawa sentimen positif bagi harga sahamnya. Pada perdagangan kemarin, saham ITMG melejit hingga 19,91% jadi Rp 6.475 per saham, hingga terkena batas atas auto rejection.

Begitu pula dengan saham MEDC yang naik 15,85% jadi Rp 950 per saham. Saham MEDC diperdagangkan dengan volume mencapai 53.151 lot. Kenaikan saham ini membuat ITMG dan MEDC menduduki jajaran top gainers pada perdagangan kemarin.

Sumber: http://investasi.kontan.co.id/news/buyback-angkat-harga-saham-tambang

Posted on February 29, 2016, in Berita, Emiten. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: