BEI Berencana Selenggarakan Pameran Pasar Modal Syariah

Bursa Efek Indonesia (BEI) merencanakan untuk menyelenggarakan pameran pasar modal syariah pada akhir Maret 2016 dalam rangka mendorong penambahan jumlah investor lokal di pasar modal domestik.

“Pameran pasar modal syariah rencananya dimulai pada akhir Maret hingga awal April tahun ini. BEI akan akan mengundang perusahaan efek yang memiliki sistem perdagangan saham secara syariah, Manajer Investasi (MI) yang memiliki reksadana syariah, serta beberapa emiten, selain pameran nantinya akan ada ‘talk show’ dengan konteks syariah,” ujar Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia, Nicky Hogan di Jakarta, Rabu.

Nicky Hogan mengemukakan bahwa saat ini terdapat sembilan anggota bursa (AB) atau perusahaan sekuritas yang telah memiliki “sistem online trading syariah” (SOTS), serta dua bank syariah yang menjadi bank administrator rekening dana nasabah, yakni Bank Mandiri Syariah dan Bank Central Asia Syariah (BCA Syariah).

Nicky Hogan mengemukakan bahwa penyelenggaraan pameran itu merupakan bagian dari sosialisasi dan pendidikan kepada masyarakat mengenai industri pasar modal, khususnya syariah.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per November 2015, terdapat sebanyak 331 emiten yang sahamnya masuk dalam kategori syariah. OJK akan melakukan kajian atau review dan mengeluarkan daftar efek syariah secara periodik dua kali dalam setahun, yaitu di bulan Mei dan November.

Nicky Hogan juga mengatakan bahwa pihaknya akan menyelenggarakan sekolah pasar modal (SPM) dan sekolah pasar modal syariah (SPMS) dengan menggandeng 19 anggota bursa.

Ia menambahkan bahwa melalui pendidikan dan sosialisasi itu BEI berharap penambahan 200.000 investor lokal di pasar saham yang ditargetkan pada tahun 2016 ini dapat tercapai.

“Kita optimistis sampai akhir tahun ini minimal ada penambahan 200.000 investor saham,” katanya. (end)

Sumber: http://www.iqplus.info/news/market_news/ekom-bei-berencana-selenggarakan-pameran-pasar-modal-syariah,48064745.html

Posted on February 18, 2016, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: