KSEI Berharap Fasilitas Kartu AKSes Dimanfaatkan Investor

Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mengharapkan fasilitas kartu AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) dapat dimanfaatkan oleh investor pasar modal.

“Kartu AKSes merupakan salah satu fasilitas yang diberikan KSEI sebagai perwujudan perlindungan investor agar investor dapat langsung melihat portofolio yang dimilikinya pada sistem KSEI,” kata Tim Edukasi KSEI Adisty Widyasari di Jakarta, Selasa.

Ia mengemukakan bahwa melalui fasilitas itu beberapa manfaat yang didapat investor, yakni investor dapat mengakses secara “real time” data kepemilikan efek serta mutasinya dalam subrekening efek yang disimpan di sistem KSEI (C-BEST) hingga 30 hari terakhir.

Lalu, mendukung dan memperkuat fungsi dan mekanisme pengawasan oleh otoritas pasar modal terhadap pelaku pasar di dalam negeri, dan sebagai sistem pencegah serta peringatan dini terjadinya pelanggaran.

“Diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan dan rasa aman untuk berinvestasi di pasar modal,” paparnya.

KSEI, lanjut Adisty Widyasari, sebagai lembaga penyimpanan dan penyelesaian di pasar modal Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan layanan jasa dalam rangka menjaga kelangsungan aktivitas di pasar modal.

Ia mengatakan bahwa untuk dapat menjalankan fungsinya sebagai kustodian sentral, KSEI telah menyiapkan sistem yang andal dan aman dikenal dengan C-BEST (Central Depository and Book-Entry Settlement System).

Secara garis besar, kata dia, jasa yang diberikan oleh KSEI di antaranya jasa pengelolaan aset, jasa kustodian sentral, jasa penyelesaian transaksi, dan jasa aksi korporasi.

Adisty Widyasari juga memaparkan bahwa KSEI telah menjalin kerja sama dengan beberapa perbankan nasional sebagai Bank Administrator Rekening Dana Nasabah (RDN), yakni PT Bank Central Asia Tbk., PT Bank CIMB Niaga Tbk., PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Permata Tbk.

Kemudian, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Central Asia Syariah Tbk., PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Sinarmas Tbk., dan PT Bank Syariah Mandiri.

Sumber: http://www.iqplus.info/news/market_news/ekom-ksei-berharap-fasilitas-kartu-akses-dimanfaatkan-investor,47070116.html

Posted on February 17, 2016, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: