Rights Issue, SIPD Menyasar Dana Segar Rp 400 M

JAKARTA. PT Sierad Produce Tbk (SIPD) membidik tambahan dana segar melalui penjualan saham baru, dengan mekanisme hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) kemarin (15/2), SIPD berhasil mendapatkan persetujuan dari pemegang saham terkait pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas I (PUT I) itu.

Perseroan tersebut berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 400 juta unit saham seri C, yang merupakan saham biasa atas nama dengan target harga Rp 1.000 per unit saham. Lewat perhelatan ini, SIPD mengincar dana segar antara Rp 300 miliar hingga Rp 400 miliar.

Kemarin harga saham SIPD tutup di Rp 930, naik 3,33% dibanding hari sebelumnya. Eko Putro Sandjojo, Direktur Utama SIPD, mengatakan, jumlah maksimal melalui rights issue ini Rp 400 miliar.

Perusahaan akan menggunakan dana hasil rights issue tersebut untuk pembangunan commercial farm baru dan modal kerja. Aksi korporasi ini dilakukan agar emiten ini tidak hanya menggantungkan dari utang.

Saat ini SIPD baru memiliki 10 commercial farm. “Kita akan ekspansi terutama di food and commercial farm itu tetap jalan,” lanjutnya.

Sementara Fransiscus Xaverius Awi Tantra, Direktur Keuangan sekaligus Sekretaris Perusahaan SIPD, mengatakan, dana hasil rights issue ini semuanya akan digunakan untuk pembangunan commercial farm.

Ia belum bersedia menyebutkan jumlah commercial farm yang akan dibangun, karena harus melihat harga tanah dan lokasi. “Investasinya sekitar Rp 300 miliar,” ujarnya.

Saat ini belum ada pembeli siaga. Perseroan juga tidak menggunakan underwriter dan menyerahkan sepenuhnya ke mekanisme pasar. Sebelumnya Eko bilang, tahun ini SIPD membidik pertumbuhan laba Rp 100 miliar.

SIPD juga menargetkan pembangunan 21 commercial farm. Pembangunan commercial farm diharapkan memberi kontribusi pendapatan Rp 720 miliar per tahun.

Sumber: http://investasi.kontan.co.id/news/rights-issue-sipd-menyasar-dana-segar-rp-400-m

Posted on February 16, 2016, in Berita, Emiten. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: