99% Pertumbuhan Ekonomi Filipina Ditopang UKM

Filipina merupakan salah satu negara berkembang dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Filipina merupakan salah satu motor penggerak ekonomi global, selain China dan India.

Presiden Republik Filipina, Benigno S Aquino III mengatakan, perekonomian Filipina terus bertumbuh dengan baik. Sebanyak 99% pendorong utama ekonomi Filipina berasal dari sektor Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Kita bicara transformasi. Penting untuk bicara pertumbuhan ekonomi. Saat ini, pertumbuhan ekonomi kita disumbang 99% dari Small Medium Enterprises (UKM),” ujar Benigno, dalam sambutannya berjudul ‘Innovation and Inclusiveness: The Path to a Better Future,’ di acara Konferensi Tingkat Tinggi, Komite Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2015, di Green Sun Hotel, Manila, Senin (16/11/2015).

Dari 99% sektor UKM tersebut, 70% merupakan UKM kelas bawah (lower), 20% kelas menengah, dan sisanya UKM kelas atas. Selain dari sektor UKM, 10% pertumbuhan ekonomi Filipina disumbang dari korporasi besar.

Menurut Benigno, sektor UKM memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Dalam kondisi perlambatan ekonomi, sektor UKM bisa terus bertahan.

Untuk itu, Benigno menyebutkan, pemerintah Filipina terus mendukung keberadaan UKM melalui berbagai pendanaan.

“Kita memberikan pendanaan untuk sektor UKM agar terus berkembang. Kami berharap itu,” pungkasnya.

(Sumber : http://finance.detik.com/)

Posted on November 17, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: