Orang Terkaya Dunia Ini Rugi Rp 26 Triliun Investasi di IBM

Berinvestasi tidak melulu untung, sekali-kali kita bisa juga buntung alias mengalami kerugian. Hal tersebut baru-baru ini dialami oleh orang terkaya nomor 3 dunia, Warren Buffet.

Perusahaan investasi milik Buffet, Berkshire Hathaway, mengumumkan potensi kerugian US$ 2 miliar (Rp 26 triliun) atas investasinya di saham IBM. Ada penurunan sekitar 15% dari harga sahamnya ketika diborong US$ 13 miliar sekitar empat tahun lalu.

Meski demikian, Buffet, belum mau melepas saham perusahaan teknologi tersebut karena masih percaya harganya bisa naik lagi.

Dalam laporannya ke otoritas pasar modal Amerika Serikat (AS), Berkshire menyatakan komitmennya untuk memiliki saham IBM. Kerugian yang dideritanya ini dianggap hanya sementara.

“IBM masih menguntungkan dan menghasilkan uang yang signifikan. Kami belum berencana melepas investasi di saham IBM sampai saat ini. Kami masih percaya harga sahamnya akan pulih dan naik melebihi ekspektasi kami,” kata Berkshire dalam keterangan tertulis yang dikutip CNN, Selasa (10/11/2015).

Berkshire mulai mengoleksi saham IBM sejak kuartal I-2011. Berkshire pun menambah portofolio saham IBM tahun lalu, ketika sahamnya sedang anjlok.

Investasinya itu terlihat tidak salah pilih karena pada 2013 saham IBM sempat melonjak hingga ke rekor tertingginya sepanjang masa. Sayangnya, setelah mencapai puncaknya, saham IBM mulai terus turun hingga kehilangan sepertiga dari kapitalisasi pasarnya.

Biasanya, Buffet selalu menghindari beli saham perusahaan teknologi, tapi sekarang IMB malah termasuk koleksi empat besar sahamnya. Pria yang jago bermain ukulele ini yakin sahamnya akan kinclong dalam jangka panjang.

(sumber : http://finance.detik.com/)

Posted on November 10, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: