Beli Saham Freeport, Inalum Terbitkan Surat Utang Global

Jakarta -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, mengkaji beberapa langkah untuk mengambil alih saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Salah satu opsi ialah menerbitkan surat utang global untuk mengakuisisi 10,64% saham Freeport.

Global bond ini rencananya diterbitkan oleh PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum). Inalum juga akan berkongsi dengan BUMN lain dalam mengumpulkan modal beli Freeport.

“Karena Inalum secara neraca cukup kuat kalau kita harus mengeluarkan obligasi. Kemungkinan besar yang kita harapkan kita akan keluarkan global bond,” kata Rini saat press conference di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (26/10/2015).

Rini menyebut, Kementerian BUMN menyiapkan 2 perusahaan pelat merah yakni PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan Inalum untuk mengambilalih 10,64% saham Freeport.

“Sekarang kita sedang analisa bagaimana. Kami melihat adalah 2 perusahaan yang diajak kerjasama yakni Inalum dan Antam,” jelasnya.

Inalum dinilai dari segi keuangan sangat mumpuni sedangkan Antam akan mendukung proses akuisisi karena berpengalaman mengelola sektor tambang emas dan tembaga.

(sumber: http://finance.detik.com/)

Posted on October 26, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: