LEAD menanti kontrak baru di akhir 2015

JAKARTA. Pencapaian kontrak baru PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) masih seret. Pada kuartal ketiga tahun ini, LEAD belum membukukan kontrak tambahan. Namun di kuartal keempat 2015 manajemen LEAD berharap, mendapatkan dua kontrak tambahan dengan nilai sekitar US$ 2,6 juta.

Sundap Carulli, Direktur Keuangan LEAD, mengatakan, di kuartal terakhir tahun ini, perseroan kemungkinan mendapatkan kontrak kerja jangka pendek dari dua perusahaan, salah satunya adalah M3NERGY. Saat ini nilai kontrak LEAD baru sekitar US$ 16 juta. “Kontrak baru ini untuk kapal yang cukup besar,” ujar dia kepada KONTAN, akhir pekan lalu.

Penurunan permintaan cukup tajam terjadi di kapal pengatur jangkar atau anchor handling tug supply (AHTS). Hal ini karena banyaknya penundaan pengeboran atau eksplorasi minyak dan gas akibat harga minyak yang terus menurun.

Tekanan ekonomi juga menyebabkan LEAD terpaksa menurunkan tarif sewa pada kuartal II 2015 antara 5%-10% untuk kontrak di tangan dan sebesar 20%-30% untuk kontrak baru.

Tahun depan, LEAD belum memproyeksikan nilai kontrak baru yang diharapkan. Yang jelas, sampai akhir tahun ini, LEAD belum akan berbelanja kapal baru. Sehingga dana belanja modal senilai US$ 80 juta masih utuh dan kemungkinan baru akan diserap pada tahun depan, jika permintaan membaik. Semula, dari dana belanja modal itu, LEAD berniat membeli empat hingga lima kapal baru.

“Kami akan membeli kapal jika ada permintaan. Namun, tampaknya tahun ini masih sulit,” ujar dia.

Sebelumnya, dana belanja modal sudah diamankan dari penerbitan obligasi global S$ 50 juta pada Februari lalu. Penurunan kontrak baru ini menyebabkan pendapatan LEAD diproyeksikan menurun.

Sampai akhir 2015, pendapatan LEAD diprediksi hanya mencapai US$ 50 juta, atau menyusut 28% daripada pendapatan tahun lalu, yang sebesar US$ 69 juta.

Sumber: (http://investasi.kontan.co.id/)

phillipquiz

Posted on October 13, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: