PEFINDO TURUNKAN PERINGKAT ANTAM JADI “idA-“.

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat Perusahaan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan obligasi PUB I/2011 perusahaan dari sebelumnya ‘idA’ menjadi ‘idA-‘.

Pefindo melalui Analisnya, Yogie Perdana mengatakan bahwa penurunan peringkat tersebut terutama disebabkan oleh tekanan atas marjin Perusahaan akibat penurunan harga nikel ke tingkat yang lebih rendah dari yang diproyeksikan di tengah utilisasi utang perusahaan yang tinggi untuk proyek ekspansi kapasitas pabrik feronikel di Pomalaa, Sulawesi Tenggara.

Selain proyek Pomalaa, perusahaan juga melanjutkan proyek pembangunan pabrik feronikel di Halmahera Timur yang akan didanai dari injeksi modal dari Pemerintah melalui proses rights issue Perusahaan di tahun 2015.

Lebih lanjut dikatakan, penurunan peringkat ini juga mencerminkan ekspektasi bahwa harga nikel akan tetap berada di bawah USD5,5/lbs selama 12-18 bulan ke depan sehingga profil keuangan Perusahaan, terutama leverage dan proteksi arus kas, tetap akan tertekan selama periode tersebut.

“Untuk outlook, kami tetap mempertahankan di ‘negatif’,” ujar Yogie dalam keterangan pers yang diterima, Rabu.

Menurutnya, hal ini untuk mengantisipasi penurunan lebih lanjut pada proteksi arus kas dan juga struktur permodalan Perusahaan akibat harga komoditas yang lebih rendah dari yang diharapkan dan/atau tidak tercapainya target volume penjualan produk Perusahaan.

Ia juga menambahkan, peringkat ini mencerminkan sumber daya produk utama yang besar dan kualitas yang baik, kegiatan operasional yang terintegrasi secara vertikal, dan produk Perusahaan yang beragam.

Namun lanjutnya, peringkat dibatasi oleh tingkat leverage keuangan yang agresif untuk mendanai proyek ekspansi, proteksi arus kas Perusahaan yang lemah, dan risiko fluktuasi harga komoditas.

Lebih lanjut Ia menambahkan bahwa peringkat ANTM ini akan berlaku untuk periode pemeringkatan mulai tanggal 10 SEptember 2015 sampai dengan 1 September 2016.

Sumber: (http://www.iqplus.info/)

Program Rp 1 Juta , yaitu  dana pembukaan rekening efek di PT Phillip Securities Indonesia HANYA dimulai Rp. 1 juta saja dan berlaku bagi siapa saja yang ingin menjadikan PT Phillip Securities Indonesia sebagai mitra dalam berinvestasi di dunia saham.

Rp. 1 Juta bisa langsung digunakan dalam berinvestasi Saham & Reksadana.

Satu Platform, Satu Rekening Dana Investor, Satu Rekening..

GAK RIBET…. 😀

Posted on September 16, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: