PERINGKAT MAPI DAN OBLIGASINYA DITETAPKAN DI “idAA-” DENGAN OUTLOOK NEGATIF.

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan kembali peringkat PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) di ‘idAA-‘.

Peringkat menurut Martin Pandiangan, analis Pefindo, mencerminkan posisi pasar MAPI yang kuat dalam industri ritel modern yang didukung oleh konsep ritel yang kuat dan terdiversifikasi, lokasi toko Perusahaan yang relatif beragam, dan perlindungan arus kas yang diatas rata-rata.

“Namun, peringkat dibatasi oleh pelemahan marjin profitabilitas Perusahaan, struktur permodalan yang moderat disebabkan besarnya belanja modal Perusahaan, dan meningkatnya tingkat persaingan di tengah terbatasnya lahan bisnis yang tersedia di kota besar,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima, Selasa.

Sementara itu pada saat yang sama, Pefindo juga menetapkan kembali peringkat yang sama, yakni ‘idAA-‘ untuk obligasi Berkelanjutan I MAPI 2012/2014.

Martin menambahkan, bahwa peringkat untuk obligasi ini ditetapkan setelah Pefindo menilai adanya rencana perseroan untuk melunasi Obligasi Berkelanjutan Tahun 2012 Seri A Tahap 1 senilai Rp53,0 miliar, yang akan jatuh tempo pada tanggal 12 Desember 2015, dengan menggunakan kas internal.

PEFINDO juga tetap memberikan outlook ‘negatif’ untuk mengantisipasi melemahnya struktur permodalan Perusahaan dari yang diproyeksikan sebagai dampak dari penurunan marjin profitabilitas disertai tekanan depresiasi Rupiah yang terus terjadi yang dapat melemahkan pencapaian pendapatan Perusahaan.

Peringkat menurut Martin juga dapat diturunkan jika struktur permodalan yang diproyeksikan tetap melemah, dengan tingkat utang terhadap EBITDA melebihi 3,5x atau jika Perusahaan menambah utang secara signifikan dalam jangka waktu dekat tanpa diimbangi dengan peningkatan kinerja bisnis.

“Outlook dapat direvisi menjadi stabil apabila Perusahaan mampu memperbaiki keseluruhan profil keuangan Perusahaan secara berkelanjutan,” tutupnya.

Sumber: (http://www.iqplus.info/)

Program Rp 1 Juta , yaitu  dana pembukaan rekening efek di PT Phillip Securities Indonesia HANYA dimulai Rp. 1 juta saja dan berlaku bagi siapa saja yang ingin menjadikan PT Phillip Securities Indonesia sebagai mitra dalam berinvestasi di dunia saham.

Rp. 1 Juta bisa langsung digunakan dalam berinvestasi Saham & Reksadana.

Satu Platform, Satu Rekening Dana Investor, Satu Rekening..

GAK RIBET…. 😀

Posted on September 15, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: