Generasi Sandwich: Baby Boomer

Aidil Akbar – detikfinance

Jakarta -Kurang lebih 11 tahun lalu, saya pernah membahas topik ini, sayangnya tidak ada yang merespons, karena masih banyak orang yang belum paham tentang hal ini.

Pertanyaan banyak orang adalah, ‘apa itu Generasi Sandwich?’ Apabila kita mengamati bentuk makanan orang barat berupa Sandwich, Hamburger, atau Hot Dog, terdapat kesamaan atas makanan tersebut yaitu lauk yang biasanya berupa daging atau sosis dijepit dengan roti dari atas dan bawah.

Analogi ini dapat dipakai untuk memberikan julukan bagi generasi yang terjepit antara mengurusi orang tua dan mengurusi anak pada saat yang bersamaan terutama secara finansial/keuangan, sehingga disebut juga dengan Generasi Sandwich.

Mengapa Generasi Sandwich ini bisa terjadi? Kepada siapa GS ini akan terjadi? Dan bagaimana kita menyiasatinya? Dalam hal terjadinya Generasi Sandwich ini kita tidak perlu mencari siapa kambing hitam atau siapa penyebabnya dikarenakan hal ini terjadi karena proses yang cukup panjang dari generasi ke satu atau orang tua kita ke generasi kita dan anak kita. Proses yang berkepanjangan tersebut akan melibatkan tiga generasi saling tumpang tindih.

Uniknya Generasi Sandwich ini banyak terjadi di negara-negara Asia baik yang sudah maju maupun yang belum maju. Mengapa? Kultur masyarakat Asia yang hampir selalu membuat sang anak (biasanya anak tertua) untuk bertanggung jawab dan mengurusi orang tua mereka pada saat orang tua tersebut pensiun, tua, dan sakit-sakitan.

Hal ini tidak terjadi di negara maju seperti Amerika Serikat (AS), dikarenakan hubungan keluarga antara anak dan orang tua yang tidak akrab dibandingkan dengan di banyak negara di wilayah Asia.

Bagaimana Generasi Sandwich ini bisa terjadi? Dikarenakan melibatkan tiga generasi; orang tua-kita-anak kita maka ada baiknya kita membahas penyebab terjadinya di setiap generasi.Next

Sumber: (http://finance.detik.com/)

Program Rp 1 Juta , yaitu  dana pembukaan rekening efek di PT Phillip Securities Indonesia HANYA dimulai Rp. 1 juta saja dan berlaku bagi siapa saja yang ingin menjadikan PT Phillip Securities Indonesia sebagai mitra dalam berinvestasi di dunia saham.

Rp. 1 Juta bisa langsung digunakan dalam berinvestasi Saham & Reksadana.

Satu Platform, Satu Rekening Dana Investor, Satu Rekening..

GAK RIBET…. 😀

Posted on September 15, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: