Gaji Rp 6 Juta/Bulan, Ini Cara Kumpulkan Uang Untuk Nikah

Prita Ghozie
Financial & Business Planner (CFP)
CEO & Founder ZAP finance

 

JakartaPertanyaan dari Pembaca: Halo, salam kenal saya Kristian Putra. Saya ingin minta saran, penghasilan saya sekarang sekitar Rp 6 juta, saya tinggal di rumah kontrak dengan biaya Rp 650.000 bulan, dan masih mengeluarkan biaya kuliah Rp 1 juta setiap bulan.

Saya berencana menikah akhir tahun depan. Kira-kira bagaimana ya saya bisa menyiasati biaya pernikahan saya? Terima kasih.

Jawaban:
Setiap tujuan diperlukan suatu perencanaan dan juga implementasi rencana untuk mewujudkannya termasuk tujuan persiapan dana pernikahan. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam mempersiapkan dana pernikahan:

1. Tentukan Waktu Pernikahan
Penentuan waktu pernikahan memegang peranan penting dalam menentukan strategi dan jumlah investasi yang diperlukan.

2. Tentukan Kebutuhan Dana Pernikahan
Kebutuhan dana pernikahan diperoleh dari hasil perhitungan biaya pernikahan saat ini dan tingkat kenaikan harga per tahunnya. Biaya pernikahan antar pasangan bervariasi karena bergantung pada preferensi konsep pernikahan yang diinginkan.

Untuk menentukan estimasi biaya pernikahan impian Anda dan estimasi kenaikan harga tiap tahun, Anda bisa menanyakannya pada perencana pernikahan (wedding organizer) yang telah berpengalaman. Kedua komponen tersebut diperlukan dalam perhitungan kebutuhan dana pernikahan di masa depan. Contoh:

  • Biaya pernikahan saat ini Rp 50.000.000
  • Kenaikan harga per tahun 10%
  • Rencana Pelaksanaan Pernikahan 5 tahun dari sekarang
  • Kebutuhan Dana Pernikahan di Masa Depan (pakai kalkulator finansial Nilai Masa Depan) Rp 80.525.500

3. Tentukan Strategi Investasi
Penentuan strategi investasi minimal perlu mempertimbangkan dua hal yaitu periode investasi dan kebutuhan dana. Pada contoh diatas, diketahui bahwa rencana pernikahan akan dilaksanakan 5 tahun dari sekarang.Next

Sumber: (http://finance.detik.com/)

AXA

Posted on September 4, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

