Ini Faktor yang Bikin Dolar AS Makin Perkasa

Jakarta -Keperkasaan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) seolah tak terbendung. Ada banyak faktor yang menyebabkan penguatan mata uang Paman Sam.

Menurut Sub Manager Group of Economy Risk and Financial System Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Dienda Siti Rufaedah, mata uang di negara maju masih bisa bertahan terhadap penguatan dolar AS.

Berbeda dengan kinerja mata uang negara maju, mayoritas mata uang negara berkembang masih menunjukkan pelemahan terhadap dolar AS, termasuk juga rupiah.

“Rubel menjadi mata uang yang menunjukkan performa terburuk di bulan Juni 2015 dengan melemah sebesar 5,59% dan ditutup pada level 55,27 per dolar AS,” katanya dalam Laporan Perekonomian dan Perbankan LPS bulan Juli, Kamis (6/8/2015).

Tekanan terhadap mata uang rubel didorong oleh anjloknya pasar saham di China menyusul jatuhnya harga minyak. China adalah salah satu konsumen komoditas terbesar dunia sehingga memicu kecemasan melemahnya permintaan global.

Namun bank sentral Rusia menyatakan akan secara aktif melakukan intervensi di pasar, untuk menyokong rubel dari penurunan harga minyak serta guncangan eksternal lainnya.

Di akhir 2015, mata uang rubel diproyeksikan mampu menguat sebesar 6,55% ke level 56,76 per dolar AS.

Sementara meningkatnya permintaan valas untuk pembayaran utang dan dividen di triwulan II-2015 memberikan tekanan terhadap mata uang rupiah.

“Di sisi lain, keputusan Bank Indonesia (BI) untuk mempertahankan BI rate di level 7,5% dinilai mampu menjadi sentimen positif bagi pergerakan rupiah,” ujarnya.

Rupiah tercatat mengalami pelemahan terbatas sebesar 0,87% ke level Rp 13.339 per dolar AS di akhir Juli. Prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih menunjukkan perlambatan berpotensi kembali menekan kinerja rupiah.

Sumber: (http://finance.detik.com/)

Program Rp 1 Juta , yaitu  dana pembukaan rekening efek di PT Phillip Securities Indonesia HANYA dimulai Rp. 1 juta saja dan berlaku bagi siapa saja yang ingin menjadikan PT Phillip Securities Indonesia sebagai mitra dalam berinvestasi di dunia saham.

Rp. 1 Juta bisa langsung digunakan dalam berinvestasi Saham & Reksadana.

Satu Platform, Satu Rekening Dana Investor, Satu Rekening..

GAK RIBET…. 😀

Posted on August 6, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: