Saham Perdana Anabatic Menguat 14%

Jakarta -PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC) hari ini mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sahamnya naik 14% saat pembukaan.

Perusahaan penyedia tekhnologi informasi menjadi emiten ke-10 yang tercatat di BEI tahun ini. Pada pembukaan, sahamnya naik ke Rp 800 per lembar (+14%) dari harga penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) di Rp 700 per lembar.

Jumlah saham yang dilepas perusahaan berkode ATIC ini adalah sebesar 375 juta lembar, atau 20% dari modal yang disetor.

Abatic mencatatkan saham tertinggi di Rp 825, dan harga terendah pada Rp 740. Sementara hingga menit ke-10, saham ATIC bergerak di kisaran Rp 780-810 selembar.

Presiden Direktur Anabatic Handodjo Supcipto mengatakan, pencatatan perusahaannya ini menjadi loncatan awal perusahaan menjadi pemain IT di kancah regional.

“Dari 7 orang sekarang lebih dari 1.500 karyawan. Kalau lihat pasar di Indonesia market cap masih sangat besar. Anabatic bisa jadi perusahaan tekhnologi kebanggan luar biasa. Saya kira transformasi menjadi perusahaan terbuka ini menjadi loncatan baru,” kata Handodjo di BEI, Rabu (8/7/2015).

Perusahaan yang berdiri pada tahun 2002 tersebut sudah meluaskan usahanya ke mancanegara seperti Singapura, Malaysia, India, dan Filipina. Mayoritas saham Anabatic saat ini dimiliki oleh PT Artha Investama Jaya sebesar 50,26% dan memiliki tujuh anak perusahaan. Total asset Anabatic mencapai Rp 1,974 triliun.

Seiring dengan kondisi bisnis teknologi informasi, kinerja perusahaan juga mengalami pertumbuhan. Selain asset perusahaan yang meningkat, penjualan juga naik ke Rp 2,57 triliun pada 2014, demikian juga laba komprehensif yang dicatat pada akhir 2014 sebesar Rp 81,35 triliun.

Dari hasil IPO, Abatic mendapatkan dana segar Rp 260 miliar. “Porsinya 50% untuk pengembangan market dan produk, 30% untuk perbaiki utang di bank, 20% persen modal kerja,” kata Handodjo

Sumber: (http://finance.detik.com/)

Penambahan produk reksadana baru di Phillip Reksadanaku Online.

Ciptadana

Posted on July 8, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: