Cegah Konsumen Kena Tipu, OJK Kumpulkan Pelaku Sektor Keuangan

Jakarta -Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memantau penerapan program perlindungan konsumen yang dilakukan Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) untuk melihat kepatuhan dalam pelaksanaan POJK Nomor 1/POJK.07/2013 tentang perlindungan konsumen sektor jasa keuangan beserta peraturan pelaksanaannya.

Terkait itu, OJK menyelenggarakan sosialisasi pelaksanaan pemantauan dan analisis perlindungan konsumen di sektor jasa keuangan.

Sosialisasi ini dilakukan di hadapan para pelaku sektor jasa keuangan. Hadir sedikitnya 100 pelaku usaha sektor jasa keuangan baik dari industri perbankan, pasar modal, maupun Industri Keuangan Non Bank (IKNB).

Hal ini dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada PUJK bahwa OJK akan melaksanakan pemantauan dan analisis perlindungan konsumen terhadap implementasi pelaksanaan prinsip perlindungan konsumen yang telah dilaksanakan oleh PUJK.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S. Soetiono mengatakan, OJK wajib memastikan baik PUJK maupun konsumennya melaksanakan kewajiban dan mendapatkan hak sesuai yang dijanjikan.

OJK mendorong masyarakat memahami dan mengetahui manfaat, biaya, dan risiko dengan membaca segala syarat dan ketentuan produk jasa layanan keuangan.

Sementara kepada PUJK, OJK memastikan dipenuhinya aspek transparansi, perlakuan yang adil, keandalan, menjaga kerahasiaan data konsumen, dan melakukan penanganan pengaduan.Next

Sumber: (http://finance.detik.com/)

Penambahan produk reksadana baru di Phillip Reksadanaku Online.

Ciptadana

Posted on July 7, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: