ESSA tunjuk rekind jadi kontraktor baru

JAKARTA. PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) akhirnya mendapatkan kontraktor baru untuk pembangunan engineering, procurement and construction (EPC) pabrik amonia. Sang kontraktor adalah adalah PT Rekayasa Industri (Rekind). Rekind menggantikan kontraktor lama asal Jepang, Toyo Engineering Corporation dan PT Inti Karya Persada Teknik (IKPT).

Pabrik amonia ini milik anak usaha ESSA, PT Panca Amara Utama. ESSA mengganti Toyo dan IKPT karena meminta kenaikan nilai kontrak 15%. Keduanya juga ingin memundurkan jadwal penyelesaian pabrik amonia baru hingga lima bulan.

Tahun 2013, kontrak EPC ini sekitar US$ 550 juta. Penunjukan Rekind sebagai kontraktor EPC ini ibarat bendera start bagi pembangunan pabrik milik Panca Amara. Lagi pula, urusan pembiayaan proyek sudah beres. Pekan lalu, Panca Amara menggaet persetujuan para kreditur untuk membiayai proyek US$ 830 juta itu.

Menurut Vinod Laroya, Direktur Eksekutif Panca Amara, dalam keterangan resmi kemarin, pembiayaan proyek ini berasal dari International Finance Corporation (IFC). Pendanaan tersebut juga didukung tujuh bank asing, yakni UOB, ANZ, OCBC, KDB, HSBC, Standard Chartered dan SMBC. Panca Amara juga telah meneken perjanjian lisensi teknologi dengan Kellog Brown & Root asal Amerika Serikat di awal pekan ini.

Pekerjaan EPC dilakukan secara turnkey, yakni tanggungjawab desain dan performa pabrik pasca pembangunan ada pada kontraktor. Pekerjaan mencakup jasa EPC dan jasa commissioning pabrik amonia yang berkapasitas 2.090 ton per hari.

Pabrik ini berada di Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Jadwal penyelesaian proyek tersebut selama 28 bulan. Jika pabrik amonia beroperasi, hasil produksi akan memenuhi kebutuhan lokal dan ekspor. Pabrik Panca Amara akan menghasilkan amonia 700.000 ton per tahun. Gas alamnya dipasok lapangan Senoro-Toili yang dikelola Pertamina Medco. Rabu (24/6) harga saham ESSA naik 14,91% menjadi Rp 2.350 per saham.

Sumber: (http://investasi.kontan.co.id/)

Penambahan produk reksadana baru di Phillip Reksadanaku Online.

Ciptadana

Posted on June 25, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: