Dua eks emiten akan kembali ke bursa

JAKARTA. Dua eks perusahaan terbuka bersiap kembali mejeng di papan pencatatan Bursa Efek Indonesia (BEI). Mereka adalah PT Bukaka Teknik Utama dan PT Media Komunikasi Nusantara Korporindo.

Hoesen, Direktur Penilaian Perusahaan BEI, mengatakan,  Bukaka akan menggunakan laporan keuangan Desember 2014 sebagai dasar valuasi. Pencatatan kembali (relisting) saham Bukaka tak ada penjaringan dana. “Mungkin setelah itu mereka ingin mencari dana,” ujar dia, Senin (22/6).

Perusahaan yang pernah memiliki kode emiten BUKK ini merencanakan relisting sejak tahun 2011. Ketika itu, jumlah saham publik masih mencapai 54%.

Perusahaan milik Keluarga Kalla keluar dari BEI pada Agustus 2006. Sebab, status laporan keuangan Bukaka yang telah diaudit dalam empat tahun berturut-turut mendapat opini disclaimer dari akuntan publik.

Waktu itu, Bukaka terjerat utang transferable loan certificate (TLC) sekitar US$ 90 juta. Pemegang TLC tak juga diketahui, kendati pengadilan sudah melokalisir kasus tersebut, Oktober 2002. Alhasil, Bukaka terus menghadapi perbedaan dengan auditor karena TLC dianggap kewajiban yang harus dituntaskan.

Media Komunikasi juga berniat relisting. Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), emiten yang dulu berkode saham DMAD ini berniat menerbitkan 453 juta saham publik seharga Rp 200 per saham. Namun, kata Hoesen, BEI belum menerima proposal relisting dari pihak bersangkutan.

Tahun ini, sudah ada satu emiten yang kembali mencatatkan sahamnya di BEI. Emiten itu adalah PT Mitra Energi Persada Tbk (KOPI) yang relisting pada 4 Mei 2015. BEI menargetkan, ada 32 emiten listing di tahun ini.

Menurut Hoesen, sudah ada enam perusahaan, termasuk Bukaka, yang telah mengantongi kontrak pendahuluan untuk IPO. Emiten-emiten itu adalah PT Binakarya Jaya Abadi, PT Garuda Metalindo, PT Anabatic Technologies, PT Gelombang Seismic Indonesia dan Bank Harda Internasional. Ada empat perusahaan sedang proses di Otoritas Jasa Keuangan.

Sumber: (http://investasi.kontan.co.id/)

Penambahan produk reksadana baru di Phillip Reksadanaku Online.

Ciptadana

Posted on June 23, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: