Gaji Tak Tentu Tapi Banyak Pengeluaran, Harus Bagaimana?

JakartaPertanyaan dari Pembaca: Saya bingung kerja tidak tentu gaji pun kadang dapat kadang tidak, bulan sekarang banyak penggeluaran dan saya belum punya untuk bayarnya. Bagaimana solusinya?

Jawaban:
Halo, terima kasih atas pertanyaannya.

Dengan kondisi pekerjaan dan penghasilan yang tidak tentu sedangkan di saat bersamaan banyak pengeluaran, akan membuat kita berpikir dan berusaha ekstra agar pengeluaran tersebut terpenuhi. Tidak ada jalan lagi selain mencari penghasilan segera atau terpaksa mengurangi pengeluaran.

Tugas Anda adalah mencari penghasilan yang bisa menutupi segala pengeluaran Anda. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan, mungkin sebagai contoh yang saat ini cukup ramai adalah berjualan. Anda dapat memasarkan produk orang lain, tanpa Anda harus membelinya terlebih dahulu, sehingga Anda mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Anda juga bisa aktif melihat penawaran pekerjaan di koran, atau pun mendatangi mal yang terkadang memasang pengumuman lowongan pekerjaan di toko. Intinya, lakukan usaha yang aktif untuk mencari pekerjaan. Alternatif lain adalah menjadi sopir kendaraan umum yang saat ini sangat marak seperti untuk ojek, taksi, dan sebagainya.

Selagi mencari penghasilan sebaiknya juga mengurangi pengeluaran Anda. Kurangi atau hilangkan pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu Anda keluarkan. Bisa jadi pengeluaran tersebut lebih banyak pengeluaran ‘gaya hidup’.

Jika dikarenakan ‘gaya hidup’ maka kurangi atau turunkan tingkat ‘gaya hidup’ Anda. Ada ungkapan bahwa semakin besar ‘gaya hidup’ Anda, maka semakin besar ‘tekanan dalam hidup’ Anda.

Contoh pengeluaran yang tidak penting apalagi di masa penghasilan kurang adalah konsumsi rokok, konsumsi panganan jajanan, konsumsi pulsa telepon, dan seterusnya. Saya yakin jika Anda mau jujur, terkadang pengeluaran untuk hal-hal ini melebihi dari biaya makan sehari-hari.

Jadi, Anda sendiri yang harus mau untuk mengubah pola pikir dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Semoga Anda tetap semangat dan menemukan solusi untuk keuangan Anda. Live a Beautiful Life!

Sumber: (http://finance.detik.com/)

Penambahan produk reksadana baru di Phillip Reksadanaku Online.

img

Posted on June 17, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: