MANFAAT TWITTER BAGI PELAKU TRADING DAN INVESTASI SAHAM

Dewasa ini penggunaan social media sudah menjadi salah satu gaya hidup, yang tidak bisa dipisahkan dari berbagai aktifitas manusia. Hampir semua kegiatan yang kita lakukan saat ini tidak jauh dari social media, makan, liburan, bekerja, dll. Penggunaan media sosial yang simple untuk berintraksi dan berbagi informasi tanpa terbatas ruang dan waktu, adalah salah satu kunci kenapa media sosial menjadi sangat berguna dalam beraktifitas.

Salah satu media sosial yang sangat berguna adalah twitter. Jejaring sosial yang satu ini menawarkan konsep berinterkasi dan berbagi informasi berbatas 140 karakter saja. Keterbatasan tersebut mengharuskan kita berbagi informasi secara singkat, padat dan jelas. Selain itu dalam penggunaan twitter banyak hal yang langsung bisa dibagikan secara realtime.

Berkat keunggulan tersebut, saat ini banyak sekali trader dan investor saham yang menggunakan twitter dalam aktifitasnya sehari-hari. Bahkan bagi beberapa negara besar seperti Amerika, penggunaan twitter bagi para investor dan trader sudah menjadi kebutuhan, sama halnya ketika mereka memantau informasi dengan bloomberg terminal.

Di Indonesia sendiri penggunaan twitter dalam dunia investasi pasar modal sudah cukup gencar. Banyak sekali trader yang mencari informasi dengan melihat twitter. Hal itu tidak terlepas dari kemudahan perusahaan sekuritas berbagi informasi atau rekomendasi saham. Salah satu perusahaan sekuritas itu adalah Phillip Securities Indonesia, melalui akun twitter @phillip_sec_ind, Phillip Securities Indonesia selalu berbagi rekomendasi saham dan juga berita saham. Rekomendasi saham yang diinformasikan adalah hasil dari analisa tim Research Phillip Securities, sedangkan berita saham bersumber dari beberapa portal berita online ternama. Rekomendasi dan update pasar dilakukan dua kali, ketika pasar akan dibuka dan ketika jeda waktu sesi pertama perdagangan.

Selain mencari informasi dengan melihat tweet dari perusahaan sekuritas, para trader dan investor juga bisa melihat twit dari trader yang lain. Biasanya ada 4 hal yang dibagikan oleh para trader di twitter, analisa saham sesuai pemikiran mereka, berita yang mereka baca, curhat kerugian, dan pamer keuntungan. Hal-hal tersebut bisa sangat berguna bagi kita.

Selain itu, sekarang banyak sekali pelaku pasar modal yang berbagi edukasi melalui kuliah twitter, jadi sangat berguna bagi kita semua untuk menambah informasi secara gratis, dan mudah dipahami.
Banyak sekali hal positif yang bisa trader dapatkan melalui informasi di Twitter. Namun, tidak semuanya mengandung hal positif, ada juga hal negatif yang ada di twitter, salah satunya adalah informasi palsu. Jadi bijaklah dalam mengelola informasi yang didapat, ikutilah informasi dari akun-akun twitter yang memang cukup terpercaya.

Bagaimanapun segala keputusan trading dan investasi ada ditangan kita masing-masing, informasi dari luar hanyalah sebuah masukan yang bisa membantu kita dalam pertimbangan untuk mencapai hasil investasi terbaik.

Follow Twitter Phillip Securities Indonesia @Phillip_Sec_Ind dan juga @PmmcResearch , untuk mengetahui rekomendasi saham dan berita saham harian.

(Sumber: Phillip Securities Indonesia)

Posted on June 15, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: