MYOR mengerek target laba bersih 2015

Perlambatan ekonomi tak menggentarkan PT Mayora Indah Tbk (MYOR). Emiten konsumer ini justru mengerek target laba bersih sepanjang 2015. Pada awal tahun ini, MYOR memasang target laba bersih 2015 senilai Rp 600 miliar. Kini, MYOR meningkatkan target laba menjadi Rp 840 miliar. Tak tanggung-tanggung, revisi target laba ini melejit 104,97% dibandingkan realisasi tahun lalu, sebesar Rp 409,82 miliar.

Sedangkan penjualan MYOR diproyeksikan tetap tumbuh 9,46% year-on-year(yoy) menjadi Rp 15,5 triliun. Manajemen MYOR menyebutkan kondisi perekonomian di awal tahun ini kurang baik. Hal tersebut ditambah tingginya harga bahan baku pada tahun lalu, sehingga perseroan menaikkan harga.

Pada kuartal I 2015, kenaikan harga masih didukung masyarakat. “Bahan baku mulai turun. Itu sebabnya ada perubahan target laba,” ungkap Direktur MYOR David Wardhana Atmadja kepada KONTAN, Rabu (10/6). Keyakinan MYOR tecermin pada pencapaian kinerja kuartal pertama tahun ini. Laba bersih emiten itu melonjak 128% (yoy) menjadi Rp 272,7 miliar. Padahal pendapatannya turun tipis 1,14% (yoy) menjadi Rp 3,46 triliun.

Direktur Utama MYOR Andre Sukendra Atmadja menyatakan, MYOR akan konsisten menerapkan peningkatan distribusi dan ketepatan pengeluaran pemasaran. MYOR akan terus menjaga ketersediaan dan visibilitas produk di pasar. Manajemen juga akan menerapkan strategi pemasaran yang tepat guna. Caranya, memanfaatkan anggaran untuk iklan dan kegiatan lain demi menambah konsumen.

Meski begitu, Direktur MYOR Hendrik Polisar tak memungkiri sejumlah tantangan, seperti perlambatan ekonomi, fluktuasi kurs dan kenaikan harga bahan baku. Demi menjaga gross margin, emiten harus mengerek harga jual agar beban tak dialihkan ke konsumen.

Tahun ini, MYOR mengalokasikan belanja modal (capex) US$ 50 juta untuk meningkatkan utilisasi kapasitas terpasang dan menambah mesin di pabrik. Untuk sumber dana, porsinya 60% kas internal dan 40% pinjaman bank.

Sumber: (http://investasi.kontan.co.id/)

Bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan seputar pasar modal, Anda dapat menambah wawasan Anda melalui Newsletter Phillip. Untuk membaca Neswletter Phillip silahkan klik link dibawah, semua edisi newsletter dari awal hingga terbaru kami sediakan GRATIS,

http://www.poems.co.id/asp/start/frontpage/productDownload.asp#newsletter

Posted on June 11, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: