Blak-blakan Jokowi Soal Banyaknya Tekanan Pemberantasan Mafia

Jakarta -Salah satu perubahan yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah pemberantasan praktik persekongkolan bisnis, alias mafia di Indonesia. Jokowi dapat banyak tekanan gara-gara ini.

“Kami ingin mengubah sistem. Sistem yang lama dikuasai oleh pola-pola yang kolutif. Istilahnya jangan kolutif lah, nanti dipikir saya pintar. Pola-pola yang tidak bersih,” kata Jokowi ketika ditemui detikcom, di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2015).

“Pola-pola yang penuh persekongkolan, tidak bersih, seperti illegal fishing, illegal mining, illegal logging, mafia migas,” tambah Jokowi.

Jokowi mengakui, tidak mudah untuk mengubah pola-pola tersebut. Sampai saat ini mereka yang sudah terbiasa melakukan kolutif tidak diam saja, ketika kegiatannya dipotong oleh pemerintah.

“Untuk megubah pola-pola itu bukan sesuatu yang mudah. Setiap hari ada 5.000 sampai 7.000 kapal yang mencuri (ikan) dan dibiarkan. Kita cegat dan potong,” ujarnya.

“Apa yang dilawan itu diam? Di migas pola seperti itu kita potong, apa mereka diam? Di migas itu bukan hanya duit puluhan triliun, dalam sekian tahun itu bisa ribuan triliun. Pola seperti itu dipotong, apa diam? Apa tidak melawan?” Kata Jokowi.

Jokowi mengaku mendapat banyak tekanan gara-gara langkah perubahan yang ia lakukan bersama jajaran menterinya. Namun sayang, mantan Gubernur DKI Jakarta ini tidak membeberkan seperti apa tekanan yang ia terima.

“Bukan merasakan (tekanan) lagi, buanyak!” Ujar Jokowi.

Jokowi menemui detikcom di Istana Merdeka kemarin siang. Pada pertemuan yang berlangsung selama hampir satu jam itu banyak hal dibahas, mulai dari perubahan yang dilakukan pemerintahan baru sampai rencana perkawinan anak pertamanya.

Sumber: (http://finance.detik.com/)

Bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan seputar pasar modal, Anda dapat menambah wawasan Anda melalui Newsletter Phillip. Untuk membaca Neswletter Phillip silahkan klik link dibawah, semua edisi newsletter dari awal hingga terbaru kami sediakan GRATIS,

http://www.poems.co.id/asp/start/frontpage/productDownload.asp#newsletter

Posted on June 9, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: