Selain China dan Korsel, RI Juga Terlibat Perang Harga di Dunia

Jakarta -Para eksportir Indonesia mau tak mau harus terlibat perang harga yang sekarang tengah terjadi di dunia karena ekonomi berbagai negara sedang lemah. Barang yang diekspor harus dijual lebih murah dari sebelumnya agar bisa besaing seperti dilakukan China hingga Korea Selatan (Korsel).

“Indonesia juga melakukan hal yang sama, dengan menjual barang lebih murah,” ungkap Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo di kantornya, Jakarta, Jumat (15/5/2015)

Hal ini terlihat dari kinerja ekspor Indonesia pada April hanya US$ 13,08 miliar atau turun 8,46 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy). Sedangkan volume ekspor pada April 2015 adalah 46,5 juta ton atau meningkat 2,15% dibandingkan April 2014 yang sebesar 45,5 juta ton.

“Secara volume ada peningkatan meski tidak terlalu besar, tapi secara nilainya kan turun terus. Ini sudah menjadi indikasi,” jelasnya.

Secara kumulatif Januari-April 2015, ekspor tercatat US$ 52,14 miliar atau turun 11,02% secara tahunan (yeay on year/yoy). Ekspor non migas US$ 44,98 miliar atau turun 6,43% yoy.

Ekspor terbesar Indonesia ada di kategori lemak dan minyak hewan nabati US$ 6,42 miliar. Menurutnya, paling besar adalah ekspor minyak goreng. Untuk ekspor bahan bakar mineral US$ 6,10 miliar, paling besar adalah batu bara.

Pangsa pasar ekspor Indonesia terbesar pada April 2015 adalah Amerika Serikat (AS) sebesar US$ 5,15 miliar. Berikutnya Jepang US$ 4,47 miliar, dan China US$ 4,31 miliar

(Sumber : http://finance.detik.com/)

Edukasi seputar pasar modal melalui social media Sudah menjadi hal yang rutin diadakan oleh Phillip Securities Indonesia. Salah satu program edukasi yang dilakukan adalah kultwit investasi. Banyak sekali edukasi yang didapat dari kultwit ini, dan selain mendapatkan pelajaran seputar pasar modal, para partisipan juga berkesempatan mendapatkan hadiah eksklusif berupa UFD 8 Gb.

Kultwit terbuka untuk umum, syaratnya pun mudah, cukup follow twitter @Phillip_Sec_Ind. Ajak teman sebanyaknya, mention dan retweet ketika sedang berlangsung. Bagi 3 orang peserta yang beruntung akan mendapatkan UFD dan bagi peserta lain yang belum beruntung akan dipilih juga untuk mendapatkan hadiah hiburan.

Jadi, mau belajar dan juga dapat hadiah? Buruan follow dan ikuti kultwitnya ya.. 🙂

Promo

Posted on May 15, 2015, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: