Bayar utang, Toko Buku Kharisma IPO 30% saham

JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) akan kedatangan emiten baru. PT Karisma Aksara Mediatama akan segera mencatatkan saham perdananya di BEI. Pengelola toko buku ini akan menggelar Initial Public Offering (IPO) pada awal Oktober mendatang.

Dalam prospektus ringkas yang diterbitkan Jumat (5/9), Karisma akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 535,82 juta saham biasa atau 30% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Nilai nominal saham itu Rp 100 per saham.

Dalam IPO ini, Karisma sudah menunjuk PT BCA Sekuritas dan PT Maybank Kim Eng Securities sebagai penjamin pelaksana efek. Keduanya akan menjamin secara penuh (full commitment) atas IPO tersebut.

Perseroan akan menggunakan dana IPO itu untuk ekspansi dan membayar utang. Rencananya, sekitar 63,9% dana IPO akan digunakan untuk penyertaan modal ke empat entitas anak. Penyertaan modal itu akan dialokasikan untuk meningkatkan kapasitas produksi mesin, pembukaan gerai baru, dan modal kerja.

Lalu, sebesar 21% dana IPO akan digunakan untuk membayar sebagian pinjaman ke PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI). Sisanya, sebesar 8% untuk modal kerja Karisma, dan 7,1% untuk belanja modal membeli kendaraan operasional toko.

Rencananya, masa penawaran awal akan digelar pada 5-18 September 2014 dan ditargetkan mendapat tanggal efektif pada 26 September mendatang. Lalu masa penawaran pada 30 September – 3 Oktober, masa penjatahan pada 6 Oktober, dan pencatatan di BEI pada 8 Oktober mendatang.

Sumber: (http://investasi.kontan.co.id/)

freeedu13-blog

Posted on September 5, 2014, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: