Berapa Biaya Admin yang Dipotong dari Tabungan Tiap Bulan?

Jakarta -Nasabah yang punya tabungan di bank pasti sudah kenal dengan yang namanya potongan biaya administrasi bulanan. Sebenarnya berapa besaran potongan ini tiap bulan di perbankan dalam negeri?

Besarannya berbeda-beda bahkan di bank yang sama sekali pun. Kisarannya mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 50.000 per bulan. Potongan ini berlaku di bank milik pemerintah (Bank BUMN), swasta nasional, sampai swasta asing.

Analis Perbankan OSO Securities Supriyadi menjelaskan, menyimpan uang di tabungan bisa menjadi salah satu cara mengamankan dana. Namun demikian, tabungan memang tidak memberikan bunga atau imbal hasil tinggi bahkan cenderung sangat rendah.

Saving itu untuk kebutuhan jangka pendek. Biaya admin lebih besar darireturn. Kalau tidak terus ditambah saldonya lama-lama bisa habis,” ujar Supriyadi kepada detikFinance, Rabu (6/8/2014).

Biaya administrasi yang rendah, atau sekitar Rp 5.000 biasanya dikenakan kepada tabungan khusus untuk anak-anak. Banyak bank yang sudah mulai meraih nasabah kecil ini dalam menggenjot dana, caranya dengan membuka tabungan khusus anak-anak.

Untuk tabungan biasa, rata-rata potongan administrasi per bulan berkisar Rp 10.000 sampai Rp 20.000. Kisaran potongan sebesar ini banyak dijumpai di bank BUMN dan swasta nasional.

Sementara untuk bank asing biasanya potongannya lebih besar, bisa mencapai Rp 50.000 per bulan untuk tabungan dengan dana besar.

Tapi tidak semua tabungan dikenakan potongan admistrasi bulanan. Ada program tabungan khusus yang diselenggarakan oleh beberapa bank dalam negeri.

Sumber: (http://finance.detik.com/)

Adwords_728x90px_iPad

Aplikasi Poems on iPad (New) sudah tersedia dan sudah dapat diunduh melalui App Store dengan Keyword: “poems id”.

Banyak pembaruan dari Poems on iPad versi sebelumnya.  

*Aplikasi Poems on iPad (New) ini hanya kompatibel untuk iOS versi 6 keatas.

Advertisements

Posted on August 6, 2014, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: