Dana Asing Mulai Keluar, Dolar AS Sentuh Rp 11.650

Jakarta -Nilai tukar rupiah hari ini tekuk lutut di hadapan dolar Amerika Serikat (AS). Dana asing mulai mengalir keluar dari lantai bursa.

Seperti dikutip dari data perdagangan Reuters, Jumat (30/5/2014), dolar AS hari ini sempat menyentuh titik tertingginya di Rp 11.670 per dolar AS.

Hingga siang tadi, investor asing mencatat transaksi jual bersih (foreign net sell) senilai Rp 115,73 miliar di seluruh pasar. Ini merupakan pertama kalinya investor asing menjual bersih di bulan Mei ini.

Dana asing yang tertanam di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI) sampai pada perdagangan dua hari lalu sudah mencapai Rp 42 triliun. Kaburnya dana asing ini berarti investor memburu dolar AS dan melepas rupiah, akibatnya rupiah menjadi tertekan hari ini.

Rupiah sudah dibuka melemah sejak pembukaan perdagangan pagi tadi, dolar berada di level Rp 11.600 per dolar AS. Hingga pukul 14.30 WIB dolar AS diperdagangkan di Rp 11.650 per dolar AS.

Perbankan dalam negeri hari ini menjual dolar AS di kisaran yang tidak jauh berbeda dengan kurs yang terpampang di data Reuters. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menjual dolar AS dengan kurs Rp 11.645, sedangkan kurs belinya sebesar Rp 11.605 per dolar AS.

Sementara itu PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) melayani transaksi beli dolar AS dengan kurs Rp 11.518 sedangkan kurs jual sebesar Rp 11.682 per dolar AS.

(http://finance.detik.com/)

Reksadana Online AMCI Manajemen Investasi Indonesia dan Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) ada di “Reksadanaku”. Segera menjadi bagian dari Reksadanaku dan dapatkan banyak keuntungannya.

Tanya Seputar Reksadanaku di : Reksadanaku@phillip.co.id

Silahkan membaca newsletter Phillip untuk informasi lanjut,  klik link berikut:

https://www.poems.co.id/htm/freeducation/ArsipNewsletter/Newsletter_v18_080514.html

Dan Untuk membaca Newsletter dari Edisi pertama, silahkan klik link di bawah,

http://www.poems.co.id/asp/start/frontpage/productDownload.asp#newsletter

Be A Smart Investor With Phillip Securities Indonesia.

Posted on May 30, 2014, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: