1 Mei, Terserah Buruh Mau Demo atau Libur

JAKARTA – Besok, tepat pada 1 Mei 2014 akan diperingati hari buruh sedunia atau May Day. Mulai tahun ini, May Day di Indonesia telah disahkan menjadi hari libur nasional.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, aksi demo buruh sejatinya adalah hak masing-masing para buruh di Indonesia. “Itu hak mereka mau lakukan aksi demo,” ucap Dahlan di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Dahlan belum mengetahui jika nantinya ada demo buruh yang berasal dari pekerja atau buruh BUMN “Enggak tahu saya, yang pasti itu hak mereka. Mau demo silahkan,” paparnya.

Sementara itu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa juga mengatakan hal yang sama. “Ya terserah mereka, mau demo atau mau libur,” kata dia.

Meski demikian, dia mengimbau kepada para buruh tidak perlu melakukan aksi demo. Pasalnya, dulu buruh tengah memperjuangkan untuk libur di tanggal tersebut. “saya imbau para buruh memanfaatkan hari libur ini sebaik baiknya bersama keluarga,” tutur dia,

Hatta menambahkan, walaupun para buruh nantinya melakukan aksi demo, agar tetap melakukannya secara damai serta harus jauh dari rasa anarki.

“Buruh harus mulai sebuah tradisi bahwa hari buruh itu adalah hari yang damai seperti di luar negeri. Hari buruh itu dihabiskan untuk menonton pertunjukan. Jadi hari buruh ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Depok Inu Kertapati menyatakan bahwa jika ada buruh yang masuk pada hari itu diperbolehkan, asalkan ada kesepakatan antara perusahaan dengan karyawannya.

Inu menyatakan bahwa pihaknya sudah mengedarkan surat ke 70 perusahaan yang merupakan anggota Apindo. Surat itu menyatakan perusahaan diperbolehkan meliburkan karyawannya, karena tanggal merah dan juga memperbolehkan karyawannya masuk untuk kepentingan perusahaan.

(http://economy.okezone.com/)

PMMC GUEST SPEAKER, 

JOIN WEBINAR KAMI, Tanggal 5 & 7 MEI 2014.

SILAHKAN KLIK LINK BERIKUT: 

https://attendee.gotowebinar.com/register/6751411868451030785

ATAU MASUK LINK: WWW.JOINWEBINAR.COM

MEI 2014. WEBINAR ID: 142-145-651

Seminar

Posted on April 30, 2014, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: