Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Mahendra Siregar, menegaskan bahwa perkembangan perbankan Indonesia kalah cepat dengan perkembangan perbankan internasional.

Di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu 23 April 2014, dia mengatakan bahwa hal tersebut harus diantisipasi. Menurutnya, rencana akuisisi PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) oleh PT Bank Mandiri Tbk, salah satu jawaban dari tantangan tersebut.

“Memang, kita harus memiliki bank yang bertaraf internasional. Perkembangan perbankan kita cepat, tetapi tetap saja kurang cepat di tingkat internasional,” ujarnya.

Dia menjelaskan, menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), persaingan pasar internasional semakin meningkat. Selain itu, tantangannya adalah bagaimana pemerintah dapat menangkap potensi besar pasar internasional itu. Sehingga, imbuhnya, perbankan harus diperkuat.

“Di dunia Internasional, size is matter,” tambahnya.

Mengenai prosesnya, Mahendra berpendapat, harus dikaji beberapa opsi yang terbaik, sehingga dapat mengakomodir seluruh kepentingan yang ada di dalamnya.

“Memang saya rasa demikian, kalau ada pihak yang harus dikonsultasikan, saya rasa harus dilakukan,” tambahnya.

(http://bisnis.news.viva.co.id/)

Phillip Reksadanaku Online adalah produk yang memberi kemudahan bagi semua strata Investor dalam memilih dan berinvestasi reksadana secara online kapan saja dan di mana saja melalui sistem online trading (POEMS) milik PT. Phillip Securities Indonesia.

Reksadanaku