PHILLIP GOES TO CAMPUS, Politeknik Negeri Batam ( POLIBATAM )

Sekilas tentang Politeknik Negeri Batam ( POLIBATAM ).

Politeknik Negeri Batam (Polibatam) merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) vokasi di kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas Batam, Bintan, dan Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Selain terletak di salah satu kawasan pusat pertumbuhan ekonomi nasional, Polibatam juga terletak di wilayah terdepan dan terluar wilayah Negara Kesatuan republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan perairan internasional. Pada awalnya Polibatam merupakan Perguruan Tinggi Swasta di bawah Yayasan Pendidikan Batam yang beranggotakan Otorita Batam, Institute Teknologi Bandung, Pemerintah Kota Batam, dan Universitas Riau. Seiring dengan perkembangan kinerja dan prestasi yang telah diraih selama satu dasawarsa, pada tanggal 18 Oktober 2010, Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2010 menetapkan secara resmi Polibatam menjadi PTN dengan nama Politeknik Negeri Batam. Dengan demikian mulai Tahun akademik 2011/2012, status mahasiswa dan lulusan Polibatam adalah mahasiswa dan lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Pemerintah.

Sebagai Perguruan Tinggi jalur vokasional yang berorientasi pada penguatan kemampuan praktek dan keterampilan mahasiswanya, proses pendidikan Polibatam didukung infrastruktur gedung yang sangat memadai. Gedung bebas asap rokok tersebut, berdiri kokoh diatas lahan seluas 12,5 Ha di pusat kota Batam, Batam Center. Gedung Utama tersebut merupakan pusat aktivitas manajemen, dosen dan proses kegiatan akademik dilakukan. Fasilitas digedung ini meliputi 20 ruang kelas, 29 laboratorium, perpustakaan, ruang administrasi, dan ruang layanan informasi serta berbagai sarana umum seperti masjid, kantin, dan auditroium yang cukup luas dengan daya tampung sekitar 1000 orang.

Politeknik Negeri Batam sejak Tahun 2007 telah mengimplementasi sistem pembelajaran elektronik (e-learning system ).  Seluruh mata kuliah di-upload di situs learning Politeknik Negeri Batam yang dapat di akses melalui jaringan internet di alamat http://learning.polibatam.ac.id. Melalui e-learning, mahasiswa dapat mengakses materi setiap mata kuliah secara lebih bebas, kapan saja dan dimana saja. Selain materi perkuliahan, e-learning system yang dikembangkan Politeknik Negeri Batam juga telah mampu mengelola proses pembelajaran termasuk untuk kegiatan evaluasi seperti pengerjaan tugas, kuis, maupun ujian tengah semester dan ujian akhir semester sampai pengelolaan nilai akhir dari suatu mata kuliah. Dengan demikian, proses pembelajaran dapat lebih fleksibel dan akuntabel.

Politeknik Negeri Batam, terdiri dari 4 Jurusan yang terdiri dari 8 Program studi baik Diploma 3 (D3) dan Sarjana Terapan/Diploma 4 (D4), serta 1 program Pengakuan Pembelajaran Lampau (PPL) Program Studi Teknik Informatika.
Adapun Jurusan Tersebut yaitu:
1. Jurusan Teknik Mesin, terdiri dari Program studi Teknik Mesin
2. Jurusan Teknik Elektronika, terdiri Program studi Teknik Elektronika (D3) dan Teknik Mekatronika (D4)
3. Jurusan Teknik Informatika, terdiri dari Program studi Teknik Informatika (D3) dan Teknik Multimedia dan Jaringan (D4)
4. Jurusan Manajemen Bisnis, terdiri dari Program studi Akuntansi (D3), Akuntansi Manajerial (D4) dan Administrasi Bisnis (D4)

PT. Phillip Securities Indonesia ( PT. PSI ) bersama dengan Kantor Perwakilan BEI Batam ( KP-BEI ) mengadakan kuliah umum di POLIBATAM dengan dari pihak PT. PSI diwakilkan oleh Bpk. Fendy, Bpk. Nababan, Bpk Henry dan untuk perwakilan dari KP-BEI Batam yaitu Bpk Marco dan Bpk. Evan. Untuk Pembicara pengisi kuliah umum tersebut adalah Bpk. Marco ( KP-BEI Batam ) Serta Bpk.Fendy dan Bp. Henry ( PT. PSI ) yang memberikan kuliah umun mengenai Pasar Modal, memperkenalkan Sistem Online Trading menggunakan POEMS ( Phillip’s Online Electronic Mart System ) serta mengajarkan tentang cara penggunaan POEMS di web www.poems.co.id , aplikasi Protrader, memperkenalkan berbagai fitur unggulan yang membantu dalam melakukan transaksi saham seperti Smart Safe, Smart Order dan Trailing Stop serta berbagai aplikasi POEMS untuk mobile device yang bisa di gunakan diberbagai platform seperti : di android, iPhone, iPad danBlackberry.

Acara seminar tersebut dihadiri oleh sekitar 100 mahasiswa/ mahasiswi yang berpartisipasi aktif didalamnya dan untuk mengapresiasi hal tersebut PT.Phillip Securities Indonesia memberikan opening account Gratis kepada para mahasiswa dan mahasiswi yang berhasil mendownload aplikasi POEMS pada perangkat mobilenya. Acara ditutup dengan presentasi dari Pak Henry yang berbagai pengalamannya dalam melakuka berbagai investasi.

Kehadiran PT. PSI di kampus POLIBATAM disambut oleh perwakilan dari POLIBATAM yang di wakilkan oleh  Wakil Direktur 1 Bidang Akademik yaitu Bpk Hendra Gunawan, SE, M.Sc, Dosen Manajemen Bisnis, Ibu Dwi Kartika, ST, MBA dan beberapa dosen lainnya yang membahas mengenai berbagai agenda dalam rangka mengembangkan Pasar modal di kalangan Mahasiswa/i POLIBATAM pada khususnya dan masyarakat sekitar kampus pada umumnya dengan dukungan dan peran serta aktif dari PIPM.

Camera 360 poltek 1 poltek 2 poltek 3 poltek 4

 

 

*Source: Phillip Securities Indonesia

Advertisements

Posted on April 14, 2014, in Berita, Just Info. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: