Trading adalah Pertandingan Mental

Jakarta – Trading adalah sebuah pertandingan mental, karakter, fisik, dan kepandaian yang sangat menarik dan tidak pernah akan membuat bosan.

Gema Goeyardi, Presiden Direktur dan Pendiri PT Astronacci International mengatakan hal itu kepada INILAHCOM. Akan tetapi, kata dia, trading juga merupakan cara tercepat untuk menghancurkan mental dan finansial seseorang. Berikut ini penuturan lengkap dari Gema:

Hari ini saya akan membagikan sedikit rahasia tentang apa yang saya lakukan saat mengalami kerugian dalam trading baik saham maupun komoditas emas. Orang mengenal saya sebagai seorang trader yang memiliki kemampuan cukup baik dan terutama tentang market timing.

Sebagai founder Astronacci Time Forecast tentu banyak yang ingin mengenal saya lebih jauh dan mengikuti semua posisi trading saya dengan harapan dapat untung signifikan. Tetapi beberapa orang lupa bahwa saya juga manusia yang tidak mungkin selalu benar dan pasti ada kesalahan dalam bentuk kerugian selama saya trading.

Mungkin Anda sudah sering mendengar cerita sukses dan bagaimana saya membentuk trader sukses melalui program sertifikasi Chartered Astronacci Trader (CAT), namun saya yakin anda belum pernah mendengar sisi gelap pada saat saya mengalami kerugian dalam trading? Saya telah membagikan tips dan kisah bagaimana saya menghadapi kerugian yang sudah dimuat INILAHCOM sebelumnya.

Filosofi dan Pandangan Tentang Bisnis Trading

Sejak awal melakukan trading saham dan emas, saya telah membuat perjanjian dengan diri saya bahwa apapun hasilnya saya harus menerima dengan datar baik untung besar ataupun rugi besar. Dimulai dari trading dengan dana hanya Rp10 juta hingga saat ini merasakan berbagai macam tekanan berat saat trading dengan dana di atas US$10 Juta atau Rp118 miliar dengan kurs rupiah di level Rp11.800 saat ini.

Sejujurnya, trading adalah bisnis paling tidak nyaman karena setiap hari saya harus berhadapan dengan kemungkinan untuk gagal dan tidur di malam hari dengan kondisi kalah. Maka langkah awal yang saya lakukan adalah menurunkan nilai uang dalam kehidupan saya.

Uang hanyalah sebuah media yang tidak berhubungan dengan kelangsungan hidup saya. Oleh karena itu, pada saat saya berhasil melakukan depresiasi nilai uang dalam kehidupan saya, trading menjadi lebih relax. Selanjutnya adalah menyerahkan masa depan pada Tuhan karena apapun rencana saya hanya Tuhan yang menentukan terlebih dalam pasar keuangan yang tidak menentu.

Posisi Trading yang Mengalami Kerugian

Saya telah mampu merubah dana US$2,000 menjadi US$117,000 dalam waktu 13 bulan di futures market dengan metode Astronacci. Tetapi saya bukanlah manusia yang selalu benar. Sebagai contoh, pada 6 Februari 2014 saya bersama member Astronacci Trading Room futures melakukan trading pada EUR/US$ dan Gold dengan melakukan Sell Short pada EUR/US$, Buy pada Gold.

Hasilnya? Saya harus menerima kenyataan bahwa posisi yang saya ambil salah beberapa saat setelah berita US unemployment claim dipublikasikan. Seketika itu stop loss saya kena dan saya mengalami kerugian masing-masing US$824 dan US$861.

Hanya dengan kurang dari 2 jam saya harus menerima kenyataan pahit seperti ini. Kenapa saya loss? Bagi saya, mutlak karena kesalahan prosedur yang dinamakan human error dalam trading yang tidak mungkin dihindari oleh siapapun juga selama dia menyandang predikat manusia.

Perlu beberapa saat untuk merenung terutama beban mental saya cukup berat karena saat itu rekomendasi yang saya berikan diikuti lebih dari 100 orang melalui beberapa group Astronacci Futures Trading Room.

Sebagai manusia normal perasaan saya pasti tidak nyaman, ingin marah, kecewa, dan serba tidak mood, dimana saya yakin anda pernah mengalaminya.

Dalam perjalanan saya di dunia pasar modal dan komoditas selama 7 tahun, perasaan semacam inilah yang hampir saya rasakan setiap waktu dan tidak ada pilihan lain kecuali mencoba membiasakan diri dan bersahabat dengannya. Maka dari itu, saya memiliki strategi untuk mengatur kekecewaan dalam hati untuk dapat menerima kenyataan.

(http://pasarmodal.inilah.com/)

lahirnya Aplikasi “POEMS ID for iPhone dan iPod Touch” ini, diharapkan para pengguna iPhone akan lebih banyak terjun di Dunia Online Trading Saham. Jadi sekarang, berbisnislah dengan saham melalui iPhone Anda, dan semuanya akan menjadi semakin mudah dan cerdas.
*Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di App Store, melalui Device Anda. *Untuk melihat Features Aplikasi klik gambar dibawah.

poemsID_wordpress

Advertisements

Posted on February 17, 2014, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: