Freeport Indonesia Tawarkan 10,64% Saham ke Pemerintah

Freeport Indonesia Tawarkan 10,64% Saham ke Pemerintah

Saat ini, saham pemerintah di Freeport sebesar 9,36% akibat terdilusi

PT Freeport Indonesia menawarkan 10,64 persen sahamnya kepada pemerintah, sebagai salah satu bentuk renegosiasi Kontrak Karya. Jika proposal Freeport diterima, pemerintah akan mempunyai 20 persen saham anak perusahaan Freeport McMoran tersebut.

Presiden Direktur Freeport Indonesia, Rozik B. Soetjipto, Selasa 23 April 2013, menjelaskan sebenarnya Freeport telah mendivestasikan 20 persen sahamnya kepada nasional sesuai kontrak karya yang disepakati pada 1991 lalu.

Saham Freeport Indonesia waktu itu dimiliki oleh pemerintah Indonesia 10 persen dan Indocopper Investama. Namun, Indocopper dinyatakan gagal bayar oleh perbankan, membuat saham Freeport Indonesia yang dimiliki oleh Indocopper dibeli kembali oleh Freeport McMoran.

“Sebenarnya Freeport Indonesia telah menjalankan divestasi sesuai Kontrak Karya,” kata Rozik saat ditemui di kantornya.

Namun, pemerintah Indonesia melalui PP nomor 24 Tahun 2012 mewajibkan kepemilikan perusahaan tambang asing yang beroperasi di Indonesia untuk didivestasikan.

Untuk itu, Freeport Indonesia menawarkan 10,64 persen saham kepada pemerintah dengan harga pasar hingga 2021. Saat ini, saham pemerintah di Freeport sebesar 9,36 persen akibat terdilusi.

Selain itu, Freeport juga akan mengkaji akan mendivestasikan sahamnya melalui pasar modal atau initial public offers (IPO). “Namun, itu sedang dipelajari dan belum ada yang konkret,” katanya. (umi)

Posted on April 24, 2013, in Berita, Bisnis - Investasi, Bursa Efek Indonesia, Info Saham - Update IHSG, Perkembangan Ekonomi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: