Pertamina Pastikan Harga Elpiji 12 Kg Belum Naik

Pertamina Pastikan Harga Elpiji 12 Kg Belum Naik

Pertamina belum menaikkan harga gas elpiji ukuran 12 kilogram. Namun, di pasaran, harga gas elpiji ukuran tersebut sudah naik sejak sebulan silam akibat oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan momen tersebut.

Pemantauan Metro TV di sebuah daerah di Jakarta Timur, baru-baru ini, harga elpiji 12 kg melonjak lebih dari 20 persen, yakni menjadi Rp105.000. Menurut pedagang eceran, harga itu sudah berlaku sejak 1 Maret silam. Ia mengaku terpaksa menaikkan harga jual karena dari agennya sendiri sudah tinggi, yakni Rp95 ribu pertabung dari harga semula Rp73 ribu.

Kenaikan harga elpiji ini jelas membuat konsumen heran. Pasalnya pemerintah belum menaikkan harga elpiji, namun harga di warung sudah melonjak. Mau tak mau konsumen membeli elpiji dengan harga tinggi tersebut karena kebutuhan yang mendesak.

Di sisi lain, Pertamina memastikan harga penjualan gas ke agen sebesar Rp5.850 per-kg atau Rp70.200 untuk elpiji 12 kg. Menurut Pertamina, harga elpiji di tingkat pengecer masih wajar jika berada di kisaran Rp75 ribu hingga Rp80 ribu per-tabung. Pertamina berjanji akan memberi sanksi berat seperti pemutusan kontrak kerja untuk menghukum jera agen nakal.

(metrotvnews.com)

Posted on March 28, 2013, in Berita, Bisnis - Investasi, Demo - PHK - ProKontra, Perkembangan Ekonomi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: