Minyak Mentah WTI & Brent Kompak Menguat

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam lima minggu terakhir. Minyak naik setelah sebuah laporan pemerintah menunjukkan bahwa tingkat operasi kilang minyak di Amerika Serikat (AS) naik ke level tertinggi dalam dua bulan.

Energy Information Administration (EIA) mencatat kilang minyak yang beroperasi tercatat pada kisaran 85,7 persen naik 2,2 persen dari kapasitas pekan lalu, dan terbesar sejak Januari. Selain itu, EIA juga mencatat stok minyak mentah meningkat 3,3 juta barel. Mereka diperkirakan akan memperoleh 1,33 juta barel.

MelansirĀ Bloomberg, Kamis (28/3/2013), WTI untuk pengiriman Mei naik 16 sen atau 0,2 persen ke USD96,74 per barel, dalam perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange. Volume perdagangan WTI masih 69 persen di bawah rata-rata 100 hari perdagangan.

Sementara minyak mentah patokan Eropa, London-Brent untuk pengiriman Mei naik 33 sen atau 0,3 persen ke USD109,69 per barel di Futures yang berbasis di London ICE Europe kemarin.

Disparitas antara kedua minyak tersebut kembali meningkat ke USD13,11 per barel, setelah sempat menyempitt di kisaran USD13,02 per barel, jarak terdekat sejak Juli.

Sementara persediaan bensin AS turun 1,6 juta barel pekan lalu. Bensin AS diproyeksikan turun 1 juta barel. Distilasi persediaan, kategori yang mencakup minyak pemanas dan solar, turun 4,5 juta barel, melebihi ekspektasi penurunan 850 ribu barel.

(economy.okezonec.com)