KOMODITAS CPO: Trend Penurunan Harga Berlanjut Hingga Awal 2012

KOMODITAS CPO: Trend Penurunan Harga Berlanjut Hingga Awal 2012

Godrej International Ltd meprediksi minyak kelapa sawit atau CPO (crude palm oil) memasuki  fasebearish (saatnya melakukan aksi beli) menyusul penurunan harga yang akan berlanjut awal tahun depan.

Menjelang akhir tahun, harga CPO terus mencatat penurunan dan siap untukkoreksi bulanan ketigaakibat melimpahnya pasokan di Malaysia.

Harga kontrak untuk pengiriman Februari terkoreksi 0,7% menjadi 2.370 ringgit atau setara dengan US$779 per ton di Malaysia Derivatives Exchange, dan berada pada level 2.372 ringgit pada sesi siang di Kuala Lumpur.Harga kontrak terkoreksi 5% bulan ini, setelah jatuh 16% pada September dan sebesar 2% pada Oktober.

Direktur Godrej International LtdDorab Mistry memperkirakan harga CPO akan turun ke bawah 2.200 ringgit di tengah meningkatnya pasokan. Persedian di Malaysia mencapai rekor sebesar 2,51 juta tonpada Oktober.

“Persedian CPO akan terus meningkat pada November karena produksi masih akan bertambah, sementara tingkat ekspor cenderung stagnan,” kata Arhnue Tan, analis Alliance Research Sdn, dikutip dari Bloomberg hari ini, Jumat (30/11/2012).

Harga CPO telah merosot 25% tahun ini karena perlambatan ekonomi Eropa dan Chinayang memangkas permintaan.

Sementara itu, harga minyak kedelai untuk pengiriman Januari turun 0,1% menjadi US$0,50 per pound di Chicago Board of Trade. Adapun harga kedelai untuk pengiriman Januari turun 0,2% menjadi US$14,45 per bushel.

Minyak sawit untuk pengiriman Mei turun 0,3% menjadi 6.726 yuan atau setara dengan US$1.081 per ton di Dalian Commodity Exchange. Minyak kedelai untuk bulan yang sama turun 0,2% menjadi 8.576 yuan per ton.

(bisnis.com)

Posted on November 30, 2012, in Beli/Jual - Buy/Sell Stocks, Berita, Berita Komoditi - Index Futures, Bisnis - Investasi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: