Bakrie Life akan Kembalikan Dana Nasabah

PT Bakrie Life menyatakan akan mengembalikan dana nasabahnya yang raib di produk Diamond Investa dengan mencairkan aset perusahaan sebagai jaminan.

“Status aset perusahaan bebas dan milik group, dalam bulan ini akan diselesaikan jaminannya dan segera akan dijadikan uang dengan cara apapun. Sekarang bagaimana aset dan kewajiban itu dituntaskan,” ujar Direktur Utama Bakrie Life, Timoer Sutanto di Jakarta, Rabu.

Meski demikian, Timoer belum mengungkapkan skema apa yang dilakukan untuk mencairkan aset perusahaan guna mengembalikan dana nasabah. Pihaknya juga masih akan bertemu dengan nasabah dalam dua minggu ke depan.

“Setiap dua Minggu kita ketemu, semoga dalam pertemuan berikutnya masalah aset bisa diselesaikan,” katanya.

Salah satu nasabah Bakrie Life yang mengatasnamakan Bakrie Life Crisis Center, Freddy mengatakan, jika pihak nasabah belum mendapat ganti rugi atas raibnya dana yang ditaruh di produk Diamond Investa milik Bakrie Life itu, maka pihaknya akan mengajukan gugatan ke pengadilan niaga.

“Peluang untuk ke Pengadilan Niaga itu ada jika masalahnya masih berlarut-larut, sebagian nasabah dari Bandung sudah ada tujuan ke sana,” kata Freddy.

Ia mengatakan, dalam pertemuan dengan manajemen Bakrie Life hari ini (26/9) pihak Bakrie Life menjanjikan jaminan berupa aset tanah sebesar 77,4 hektare (ha) di Makasar untuk membayar kerugian dana nasabah.

Seperti diketahui, Bakrie Life mengalami gagal bayar dana nasabah senilai Rp360 miliar pada 2008 dan itu merupakan premi sekaligus investasi yang dihimpun dari ratusan nasabah pembeli produk Diamond Investa.

Dari jumlah itu, Bakrie Life sudah mengembalikan dana nasabah sebesar Rp90 miliar sehingga ada kewajiban pengembalian dana sisa sebesar Rp270 miliar yang wajib dibayarkan secara dicicil dalam tiga tahun berturut-turut.

Sementara, Kepala Biro Asuransi Bapepam-LK Isa Rachmatarwata ketika ditanya mengenai kasus Bakrie Life dengan nasabahnya, sama sekali tidak memberikan berkomentar.

(investor.co.id)