Bapepam-LK: Fundamental Pasar Modal Aman

Selama bulan Mei 2012 Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menurun sebesar 6,65 persen, yaitu berada di level 3.893 pada penutupan sesi pertama, Senin, 28 Mei 2012. Gejolak ekonomi global menjadi faktor dominan penurunan IHSG tersebut.

“Sebetulnya siang tadi ada rebound, waktu di tengah-tengah hari turun ke 3.860 an, tapi waktu penutupan 3.893. Mudah-mudahan itu lebih baik,” ujar Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (BAPEPAM-LK), Nurhaida di kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Senin 27 Mei 2012.

Nurhaida menjelaskan penurunan pasar modal itu secara fundamental tidak menghawatirkan. Alasannya, kinerja emiten dalam perdagangan bulan ini tidak terlalu terpengaruh. “Penurunan lebih kepada karena gejolak global,” tambahnya.

Pemerintah, lanjut dia, akan terus berupaya menjaga investasi ke depan. Terlebih dengan status investment grade mengharuskan pemerintah memperketat regulasi berlaku. “Kita selalu mengawasi terutama dari beberapa indikator seperti penurunan indeks sendiri, kita punya protokol Crisis Management Protokol untuk itu,” tandasnya.

Menurutnya situasi saat ini belum sampai tahap yang membahayakan, sehingga upaya melonggarkan regulasi belum bisa dilakukan. Bapepam-LK, Bank Indonesia, Ditjen Pengelolaan Utang bersama-sama memantau terus perkembangannya. “Agar kita bisa mengantisipasi dampaknya,” ujarnya. (sj)

source : vivanews.com